#1TahunJokowi: Catatan Kerja Digital Presiden Joko Widodo

Oleh
Rabu, 21 Oktober 2015

Satu tahun yang tahun lalu, Twitter diramaikan oleh percakapan pengguna Indonesia tentang pelantikan Joko Widodo (Jokowi) sebagai Presiden Republik Indonesia yang ke-7. Setelah absen berkicau selama delapan bulan, beliau membuka kembali akun Twitter pribadinya, @jokowi, agar dapat lebih transparan kepada rakyat Indonesia.

Sebelum membuka kembali akun Twitter-nya, @jokowi memiliki lebih dari 2.3 juta followers. Per hari ini, angka tersebut meningkat sebanyak lebih dari 50%, menjadikan jumlah followers-nya hampir 3.7 juta orang. Beliau juga menjadi Presiden pertama di kawasan Asia Pasifik yang memiliki dan menggunakan Periscope, aplikasi live broadcast milik Twitter, dengan nama akun: @presidenjokowidodo, untuk berkomunikasi langsung dengan rakyatnya.

Highlights dari Perjalanan Presiden Jokowi di Twitter

#1TahunJokowi: Catatan Kerja Digital Presiden Joko Widodo

Tweet dengan Retweet terbanyak


Tweet foto dengan Retweet terbanyak


Sambutan dari Pengguna Twitter Indonesia
Twitter menjadi platform bagi masyarakat untuk berkomunikasi secara langsung, begitu pula bagi Presiden Jokowi. Mulai dari sekadar menyapa, menyampaikan saran, hingga mengapresiasi kinerja. Sejak kembali aktif berkomunikasi melalui Twitter, beliau telah berkicau sebanyak 127 kali dan mendapat sambutan baik dari berbagai kalangan, yang tak segan-segan mention akun @jokowi.

Baik itu selfie dengan follower jurnalis,

ucapan selamat ulang tahun dari figur publik,


hingga dukungan langsung dari sesama pejabat negara.

Twitter sebagai Catatan Kerja Digital
Twitter juga menjadi tempat bagi @jokowi untuk terus terhubung dengan masyarakat. Beliau menjadikan Twitter sebagai tempat untuk mengkomunikasikan kegiatannya, baik itu menanggapi berbagai isu yang sedang terjadi maupun mengambil tindakan untuk menanggapi penyampaian masyarakat melalui Twitter.



Diplomasi melalui Twitter
Twitter memungkinkan Presiden Jokowi untuk lebih transparan terkait kinerja pemerintahan dalam hal pembangunan, keamanan, hukum, sosial, politik, hingga budaya. Beliau juga menjadikannya sebagai media untuk melakukan diplomasi dengan pemimpin dari berbagai negara.



Perjalanan masih panjang, namun bangsa Indonesia tentunya tidak sabar untuk terus melihat sepak terjang @jokowi di Twitter dalam menerapkan good digital governance. Tetap semangat untuk empat tahun yang akan datang, Pak Presiden!