#FridayForGood Perdana Twitter Indonesia

Oleh
Selasa, 20 Oktober 2015

Tidak sedikit yang mengira, bahwa Twitter hanya sekadar sarana untuk berekspresi di dunia maya, namun sebenarnya lebih dari itu. Salah satu hal yang kami lakukan adalah #FridayForGood tanggal 16 Oktober 2015 lalu. Ini adalah kegiatan CSR pertama Twitter Indonesia sejak pembukaan kantor kami di Jakarta bulan Maret 2015, bekerja sama dengan Rumah Harapan Valencia Care Foundation (@RumahHarapanVCF).

Di Twitter, kami memiliki tradisi untuk mendukung kelompok nirlaba dan amal yang aktif bekerja membantu masyarakat. Kami melakukan ini karena percaya akan sumbangsih nyata dan langsung terhadap orang-orang di sekitar adalah bagian penting bagi bisnis kami. #FridayForGood adalah kegiatan tahunan Twitter yang dilakukan di negara-negara tempat kantor Twitter berada, termasuk di Indonesia, di mana kami meluangkan waktu selama satu hari untuk melakukan kegiatan sukarela dalam rangka berkontribusi kembali ke masyarakat. Inisiatif global ini dilakukan dua kali setiap tahunnya: bulan April dan Oktober.

Untuk #FridayForGood perdana di Indonesia, kami menggandeng Rumah Harapan Valencia Care Foundation (Rumah Harapan VCF), sebuah rumah singgah sementara bagi anak-anak dengan penyakit terminal, rujukan dari luar Jakarta yang belum mendapatkan kamar di Rumah Sakit karena kapasitas kamar yang terbatas. Kebanyakan anak-anak yang dirawat di sini adalah penderita kanker yang sudah pada tahap kritis. Penggagas Rumah Harapan, Valencia Mieke Randa (@justsilly), memulai semua kerja amalnya dengan menggunakan Twitter sebagai sarana utama penyebaran ide serta penggalangan dana dan tenaga. Kebetulan bulan Oktober juga merupakan Bulan Kanker Internasional, menjadi salah satu alasan tambahan bagi kami untuk bekerjasama dengan Rumah Harapan VCF.


Kami memobilisasi pengumpulan buku-buku bacaan dan pelajaran bagi anak-anak yang dirawat di @RumahHarapanVCF melalui tagar #1Book1Hope. Tidak hanya itu, kami juga mengunjungi anak-anak tersebut, bermain bersama, mendengarkan cerita, dan saling berbagi kebahagiaan dengan mereka.

Kenapa buku? Karena anak-anak kurang beruntung ini terpaksa tidak bersekolah selama mereka menjalani perawatan. Kami berharap buku-buku bacaan dapat menghibur mereka serta membantu memberikan informasi dan pengetahuan tambahan yang tidak dapat mereka dapatkan di sekolah — yang terpaksa mereka tinggalkan karena penyakit yang mereka alami. Buku, bagi kami, juga adalah simbol harapan dan rasa peduli. Kami juga yakin, bahwa satu buku bisa saja mengubah hidup seseorang.

Twitter Indonesia secara khusus membuat Twitter Card untuk kegiatan #FridayForGood perdana ini guna membantu mempromosikan #1Book1Hope ke khalayak yang lebih luas. Pada hari-H, kami juga berkesempatan berbincang-bincang dengan @justsilly (dan kami tayangkan langsung melalui Periscope!) tentang harapannya untuk @RumahHarapanVCF serta ajakannya mengumpulkan lebih banyak buku lagi bagi anak-anak di rumah singgah tersebut.

#FridayForGood Perdana Twitter Indonesia

Foto oleh Rumah Harapan VCF

Kunjungan ini adalah pengalaman yang sangat mengharukan dan merendahkan hati bagi tim Twitter Indonesia. Kami berharap gerakan #1Book1Hope tidak berhenti di sini. Kami mengajak semua pengguna Twitter untuk terus mengirim buku ke Rumah Harapan VCF dan membawa harapan bagi anak-anak yang kurang beruntung yang dirawat di sana.

Karena satu buku bisa mengubah hidup seseorang…