H-5 Menjelang #Pilkada2015: Apakah Anda Sudah Siap Memilih?

Oleh
Jumat, 4 Desember 2015

Masih segarkah dalam ingatan Anda Pemilu Presiden di 2014 yang lalu, dan bagaimana Twitter menggawangi percakapan dalam menentukan masa depan Indonesia?

Sekitar 30% dari total pemilih di Pemilu 2014, atau lebih dari 52 juta orang, merupakan pemilih pemula pada kelompok usia 18-23 tahun. Tidak mengherankan jika pada akhirnya partai politik dan politisi mulai melakukan kampanye digital dan menggunakan media sosial seperti Twitter agar dapat terhubung dan berkomunikasi langsung dengan pemilih pemula.

Di tanggal 9 Desember 2015 nanti, sekali lagi Indonesia akan menentukan masa depan bangsa melalui Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak. Ini merupakan pertama kalinya Indonesia melaksanakan Pilkada secara serentak, di lebih dari 250 titik dari Sabang hingga Merauke.

Sebagai dukungan penuh terhadap momen penting ini, kami merilis Emoji #Pilkada2015 beberapa minggu lalu, bekerja sama dengan Kawal Pilkada (@kawalpilkada) yang mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk mengawasi dan ikut serta proaktif mengawal jalannya Pilkada Serentak 2015.

Berdasarkan data Twitter, sejauh ini perbincangan di Twitter mengenai #Pilkada2015 cukup signifikan. Terdapat lebih dari 450 ribu Tweet yang menyoroti mengenai jalannya Pilkada dengan membahas berbagai topik terkait daerah masing-masing pengguna selama satu bulan terakhir. Yang tak kalah menarik adalah naiknya jumlah percakapan di area di luar kota besar seperti Jakarta, memancing percakapan yang konteksnya lebih lokal. Proporsi sentimen positif juga secara signifikan lebih tinggi dari sentimen negatif. Hal ini menunjukan, bahwa pengguna Twitter telah menggunakan media sosial sebagai wadah diskusi positif pada momentum #Pilkada2015.

Topik yang paling banyak dibincangkan di Twitter seputar #Pilkada2015 juga menunjukkan adanya relevansi besar terhadap isu lokal di daerah masing-masing. Di Medan contohnya, data kami menunjukkan topik narkoba jadi isu utama yang dibahas. Begitu juga dengan Depok yang membahas isu longsor, dan Lampung yang membicarakan mati lampu atau pemadaman listrik.

Berikut ini adalah 5 daerah dengan jumlah Tweet terbanyak yang terkait dengan #Pilkada2015.

  1. Surabaya
  2. Medan
  3. Depok
  4. Bandar Lampung
  5. Tangerang Selatan

Sedangkan berikut ini adalah 5 pasangan calon yang paling banyak dibicarakan di Twitter selama dua minggu terakhir.

  1. Airin Rachmi Diany — Benyamin Davnie, Tangerang Selatan
  2. Tri Rismaharini — Whisnu Sakti Buana, Surabaya
  3. H. Arsid — Elvier Ariadiannie Soedarto Poetri, Tangerang Selatan
  4. Olly Dondokambey — Steven O.E. Kandouw, Sulawesi Utara
  5. Ujang Iskandar — Jawawi, Kalimantan Tengah

Tidak hanya berbincang soal isu, banyak juga pengguna Twitter di Indonesia yang menyuarakan aspirasinya melalui tagar #KalauSayaKepalaDaerah, bercerita mengenai harapan terhadap pemimpin di daerahnya masing-masing.

Pilkada menjadi sangat penting, karena akan menentukan pemimpin-pemimpin yang akan menyusun kebijakan di daerah tempat tinggal Anda. Kami mengajak Anda untuk aktif mengawasi jalannya Pilkada Serentak melalui tagar #Pilkada2015 dan pelajari kandidat-kandidat di daerah Anda melalui @kawalpilkada. Apakah Anda sudah siap memilih?