#YearOnTwitter 2015: Twitter sebagai Platform Pemersatu Masyarakat Indonesia

Oleh
Senin, 7 Desember 2015

#YearOnTwitter 2015 di Indonesia
Twitter telah menjadi tempat bagi pengguna Indonesia untuk bergabung dalam percakapan lokal dan global di tahun 2015. Baik itu untuk membicarakan tentang olahraga atau musik, menyampaikan pendapat dan harapan terhadap isu nasional hingga untuk menunjukkan apresiasi terhadap figur publik; pengguna Indonesia berinteraksi dengan dunia melalui cara yang baru, menarik, dan berkesan selama tahun ini. 

Golden Tweet 2015
Tahun ini, gelar Golden Tweet dari Indonesia jatuh kepada Raffi Ahmad (@RaffiAhmadLagi), yang mengekspresikan kesedihan atas berpulangnya salah satu aktor dan komedian muda yang juga merupakan sahabat terdekatnya, Olga Syahputra (@OlgaSyahputra82). Tweet Raffi tersebut meraih hampir 44.000 Retweet dengan Tweet impression (berapa kali sebuah Tweet dilihat dari desktop maupun aplikasi mobile) mencapai hampir 3 juta.

Momen yang Paling Banyak Dibicarakan
Twitter telah menjadi bagian penting dari masyarakat Indonesia di tahun 2015 ini - mereka terus menggunakan platform ini untuk berdiskusi tentang berita terhangat, hiburan, politik, olahraga, acara TV, serta berbagai isu nasional lainnya.

  • Bulan Suci RamadhanTweet impression dari seluruh Tweet yang terkait dengan Ramadan tahun ini mencapai dari 8,4 miliar secara global dan 20% di antaranya berasal dari Indonesia.

#YearOnTwitter 2015: Twitter sebagai Platform Pemersatu Masyarakat Indonesia

(Heat Map dapat dilihat di sini)



  • Piala Presiden — Sepak bola merupakan olah raga yang paling banyak digemari oleh masyarakat Indonesia, dan Piala Presiden secara otomatis menjadi perbincangan yang paling banyak dibahas di Twitter. Kompetisi ini diadakan oleh Kemenpora, dengan puncak percakapan terjadi saat pertandingan final antara Sriwijaya FC dan Persib Bandung berlangsung. Piala presiden menghasilkan lebih dari 1,3 juta Tweet selama periode berlangsung.



  • Berpulangnya Olga Syahputra — Masyarakat Indonesia berduka atas berpulangnya @OlgaSyahputra82. Setelah beberapa bulan sakit dan dirawat di Singapura, selebriti yang memulai karirnya dari bawah ini pun menghembuskan napas terakhirnya tanggal 27 Maret. Dan Twitter menjadi platform yang mempersatukan kerabat, keluarga, serta para fans untuk saling berbagi dan menguatkan melalui tagar #RIPOlgaSyahputra.



  • Save KPK — Sejak berita penangkapan Wakil Ketua KPK (@KPK_RI), Bambang Widjojanto muncul di pagi hari tanggal 23 Januari, tagar #SaveKPK langsung banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk menunjukan dukungan bagi KPK. Masyarakat menuntut penjelasan yang bersih dan transparan terkait penangkapan tersebut. Percakapan mengenai hal ini menghasilkan lebih dari 600.000 Tweet serta 9 juta Tweet impression dalam satu hari. Tagar #SaveKPK juga sempat menjadi trending topic dunia peringkat 1 di hari tersebut.

  • HUT Ke-70 RI — Masyarakat Indonesia, dari Sabang sampai Merauke, berkumpul di Twitter untuk merayakan HUT Ke-70 RI. Pengguna Indonesia mengungkapkan sukacita di Twitter menggunakan tagar #RI70, hingga menghasilkan 440,000 Tweet dan menjadikan #RI70 sebagai trending topic dunia peringkat ke-dua pada tanggal 17 Augustus.

Tagar yang Paling Banyak Dibicarakan

  • #VoteJKT48ID @officialJKT48 adalah Idol Group Indonesia dengan 72 anggota. Tagar ini digunakan untuk mengumpulkan suara dalam pemilihan Asia Kids Choice Award dan berhasil meraih 20,243,346 Tweet.
  • #mufc Ini merupakan tagar yang digunakan pendukung MU di Indonesia setiap kali terdapat pertandingan. Sebagai satu negara dengan pendukung MU terbesar di dunia, bukan hal aneh lagi ketika melihat #mufc di jajaran trending topic Indonesia tahun ini.
  • #1DID @onedirection bekerjasama dengan Twitter dalam kompetisi global untuk mencari 10 negara dengan penggemar terbanyak dan memberikan Emoji spesial melalui Twitter bagi para negara pemenang. 140 negara yang berpartisipasi memiliki tagarnya masing-masing dan tagar untuk Indonesia adalah #1DID. Dengan 899,209 Tweet, #1DID menjadi salah satu tagar yang paling banyak digunakan di Indonesia tahun ini.
  • #PersibDay Ini adalah tagar yang digunakan para “Bobotoh” (pendukung Persib) untuk mendukung tim mereka setiap ada pertandingan penting. Tahun ini terdapat lebih dari 870,000 Tweet yang menggunakan tagar tersebut, dengan puncak percakapan terjadi ketika mereka memenangkan Piala Presiden pada 19 Oktober.
  • #RIPOlgaSyahputra Kepergian aktor dan komedian muda @OlgaSyahputra82 menjadi perbincangan di Twitter dengan hampir 730,000 Tweet menggunakan tagar #RIPOlgaSyahputra.

Pertama di Twitter di Indonesia
Tahun ini Twitter juga menjadi tempat bagi berbagai kalangan di Indonesia dalam melakukan inovasi pertama mereka untuk berbagai kegiatan. Berikut ini adalah beberapa kegiatan yang pertama kali dilakukan di Indonesia melalui Twitter.

  • Emoji Twitter Pertama untuk Kegiatan atau Momen Khusus di Indonesia — Twitter merupakan bagian tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat Indonesia. Kami meluncurkan beberapa emoji spesial bagi Indonesia untuk perayaan Dirgahayu RI ke-70 serta Pilkada 2015. Setiap kali Anda menggunakan tagar tertentu, akan muncul emoji khusus setelah tagar tersebut: #Indonesia, #RI70, dan #Pilkada2015.

#YearOnTwitter 2015: Twitter sebagai Platform Pemersatu Masyarakat Indonesia

#YearOnTwitter 2015: Twitter sebagai Platform Pemersatu Masyarakat Indonesia

  • Indosat #TwitBuy Ini merupakan sebuah layanan khusus bagi 68 juta pelanggan Indosat  (@IndosatOoredoo) yang dapat memudahkan mereka melakukan pembelian berbagai paket menarik (Internet, suara, SMS) melalui Direct Messages di Twitter. Indosat menjadi perusahaan telekomunikasi pertama di Asia Pasifik yang menyediakan akses pembelian paket via Twitter.

  • Flock-To-Unlock (F2U) Card Pertama di Indonesia — Ponds (@PondsTeen) menjadi brand pertama yang meluncurkan Flock-to-unlock (F2U) Card di Indonesia. Dengan tagar #WajahBaruIndonesia, kampanye ini merupakan gerakan nasional untuk mengajak semua perempuan lebih percaya diri. Kampanye F2U ini diluncurkan berbarengan dengan peluncuran lagu Bercahaya, yang dinyanyikan oleh salah satu penyanyi berbakat Indonesia, Raisa (@raisa6690), secara eksklusif hanya di Twitter.

#YearOnTwitter 2015: Twitter sebagai Platform Pemersatu Masyarakat Indonesia

  • Jokowi sebagai Presiden Pertama di Asia Pasifik yang Menggunakan Periscope— Setelah meluncurkan kembali akun @jokowi, Presiden Joko Widodo menjadi presiden pertama di Asia Pasifik yang melakukan sesi Periscope sebagai @presidenjokowidodo untuk berkomunikasi langsung dengan rakyat. Beliau melakukan dua kali sesi Periscope dari Karnaval Khatulistiwa, parade yang diselenggarakan pada saat perayaan 70 tahun Indonesia di Pontianak bulan Agustus lalu.

Akun Twitter dengan Followers Terbanyak di Indonesia
Daftar berikut ini menunjukkan beragam ketertarikan masyarakat Indonesia dalam mengikuti akun Twitter figur publik: baik itu penyanyi, politikus, pemain film, hingga media. Agnes Monica (@agnezmo) menduduki posisi teratas dengan jumlah follower sebanyak 14,4 juta; bertambah lebih dari 2,5 juta follower dari jumlah tahun lalu. Raditya Dika (@radityadika) naik satu peringkat ke posisi ke-2 dengan pertumbuhan jumlah follower sebanyak 3,5 juta. Sedangkan akun @TweetRAMALAN yang tahun lalu ada di posisi ke-2, tahun ini turun ke posisi ke-4 dengan pertumbuhan jumlah follower sebanyak 1,7 juta.

#YearOnTwitter 2015: Twitter sebagai Platform Pemersatu Masyarakat Indonesia

Berikut ini kami tampilkan infografis yang berisi rangkuman mengenai #YearOnTwitter 2015 di Indonesia.

#YearOnTwitter 2015: Twitter sebagai Platform Pemersatu Masyarakat Indonesia

Berkat dukungan partner kami, @GettyImages, Twitter telah meluncurkan data global #YearOnTwitter di 2015.Twitter.com. Situs ini merangkum seluruh kejadian yang dibicarakan di Twitter; mulai dari Tweet yang paling banyak di Retweet, tren paling populer (dan emoji!); serta bagaimana orang-orang di seluruh dunia menggunakan Twitter di tahun 2015 ini.

Terima kasih telah menjadikan Twitter sebagai platform pemersatu bagi Anda untuk berbagi, mengekspresikan diri, dan terhubung dengan pengguna lain dari berbagai penjuru Nusantara.