Keseruan Perayaan #Idulfitri Masyarakat Indonesia di Twitter

Oleh
Jumat, 8 Juli 2016

Selamat Hari Raya Idulfitri 1437 H, mohon maaf lahir dan batin untuk para pengguna Twitter di Indonesia. Twitter telah menjadi bagian tak terpisahkan bagi masyarakat Indonesia untuk berbagi cerita setiap harinya selama bulan Ramadan. Sebagai platform untuk melakukan live conversations, live connections, dan live commentary; terdapat setidaknya 10,7 milyar Tweet impressions yang terkait dengan Ramadan dari seluruh dunia selama satu bulan terakhir. Dengan kata lain, Tweet yang terkait dengan Ramadan telah dilihat setidaknya 10,7 milyar kali oleh pengguna di berbagai negara. Indonesia menjadi negara ke-2 terbesar kontributor untuk percakapan tersebut. Klik peta persebaran Tweet di bawah untuk melihat riuhnya percakapan di Twitter di hari pertama #lebaran.

Keseruan Perayaan #Idulfitri Masyarakat Indonesia di Twitter

Untuk merayakan Hari Kemenangan, kami pun merilis emoji spesial. Anda hanya perlu menggunakan tagar #lebaran atau #idulfitri di dalam Tweet, dan akan ada ikon Mesjid yang muncul setelahnya.

Sebagai platform untuk berekspresi, Twitter juga telah menjadi kanvas bagi masyarakat Indonesia untuk berbagi pengalaman Ramadan dengan fitur foto-video Twitter, termasuk Vine dan Periscope.



Sebagai negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia, masyarakat Indonesia berbagi cerita Ramadan mereka dengan fitur foto-video Twitter. Dari berbagi informasi tentang tempat terbaik untuk #bukapuasa, foto menu #sahur mereka, hingga video perjalanan #pulkam.



Untuk pertama kalinya, kami meluncurkan akun @ramadhan bermitra dengan delapan partner di Indonesia. Hanya dengan mengikuti @ramadhan, pengguna Twitter di Indonesia akan mendapatkan konten seputar kuliner, kutipan religi dan pengingat jadwal Shalat. Tweet dari akun ini telah dilihat setidaknya 1.7 juta kali di Twitter selama bulan puasa.



Pengguna Indonesia juga berbagi tradisi unik #Lebaran di kampung halaman mereka melalui kompetisi foto dan video #KisahPulkam, yang masih bisa diikuti hingga 14 Juli mendatang. Kompetisi ini adalah hasil kolaborasi kami dengan @pulkam. Cukup Tweet foto atau video perjalanan #pulkam atau tradisi #Lebaran yang ada di kota Anda serta tag @TwitterID dan @pulkam.



Kami juga berpartner dengan mereka untuk melakukan siaran Periscope melalui drone, yang menunjukkan keadaan jalan Jakarta - yang biasanya dipenuhi dengan kemacetan - pada hari ke-2 #idulfitri.

Berikut ini adalah beragam cerita seru perayaan Idulfitri yang dibagikan oleh masyarakat Indonesia di Twitter.