Pemprov Jawa Tengah Gunakan Twitter Kemala untuk Tingkatkan Pelayanan Publik

Oleh
Kamis, 29 September 2016

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah hari ini mengumumkan kemitraan dengan Twitter Indonesia untuk meningkatkan pelayanan publik dan interaksi dengan warga melalui Twitter Kemala. Twitter Kemala, yang merupakan singkatan dari Kelola Melantas Layanan, merupakan solusi layanan publik yang kami sediakan untuk mempermudah komunikasi dan interaksi live antara pemerintah dengan warganya. Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menjadi institusi pemerintahan pertama di Indonesia yang akan menggunakan Twitter Kemala untuk menjalankan praktik e-governance yang lebih efisien dan transparan.

Dengan solusi pelayanan publik berbasis Twitter ini, warga hanya perlu mengirimkan Tweet mereka menggunakan tagar #KemalaJateng, dan akan direspon oleh institusi terkait di pemerintah Jawa Tengah. Berikut ini adalah cara kerja Twitter Kemala:

  1. Tweet pertanyaan, usulan, keluhan dengan menggunakan tagar #KemalaJateng. Tidak perlu menyebutkan akun Twitter instansi terkait.
  2. Tweet tersebut akan didelegasikan oleh tim Pemerintah Provinsi Jawa Tengah kepada institusi yang bersangkutan.
  3. Institusi terkait akan merespon Tweet warga tersebut melalui Twitter sebagai bentuk komitmen dalam hal transparansi dan praktik e-governance yang lebih cepat.

Twitter telah lama menjadi jembatan komunikasi antara warga Jawa Tengah dengan pemerintah. Mereka Tweet pertanyaan, laporan, maupun keluhan kepada saya maupun masing-masing institusi terkait. Dengan demikian, kami percaya bahwa Twitter merupakan platform yang sesuai untuk membantu kami memberikan pelayanan publik yang lebih baik lagi. Twitter Kemala akan membantu kami merespon dan bertindak dengan cepat terhadap kebutuhan warga Jawa Tengah, di manapun mereka berada.

Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah@ganjarpranowo

Warga Jawa Tengah menggunakan Twitter sebagai salah satu platform tercepat untuk berkomunikasi dengan pemerintah – dengan menyebutkan akun-akun Twitter instansi terkait, atau bahkan mengajukan keluhan dan pertanyaan mereka secara langsung ke akun Twitter Gubernur @ganjarpranowo. Hal ini sejalan dengan salah satu misi Pemerintah Provinsi Jawa Tengah untuk mendirikan pemerintahan yang bersih, jujur, dan transparan. Selama satu bulan terakhir, terdapat setidaknya 500.000 Tweet yang dikirimkan oleh masyarakat Jawa Tengah terkait dengan pelayanan publik. “Jalan” menjadi salah satu kata yang paling banyak disebutkan.



Twitter Kemala dikembangkan sebagai solusi pelayanan publik yang dapat digunakan oleh mitra-mitra Twitter di Indonesia, terutama lembaga-lembaga pemerintah. Twitter Kemala memungkinkan berbagai institusi untuk menyediakan informasi dan respon yang cepat, efisien, serta real-time terhadap berbagai pertanyaan, permintaan, maupun keluhan masyarakat.



Sebagai platform yang selalu mendukung budaya lokal, Twitter berkomitmen memfasilitasi institusi yang telah menggunakan platform ini secara aktif. Dengan sifat Twitter yang real-time, platform ini telah menjadi pilihan berbagai institusi di Indonesia untuk menyampaikan informasi sekaligus berkomunikasi dengan masyarakat secara cepat dan responsif. Kami bangga dapat bermitra dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah untuk membantu mereka menyediakan layanan publik yang lebih baik lagi melalui Twitter Kemala.

Cara Kerja Twitter Kemala
Twitter Kemala merupakan solusi layanan publik yang dibuat oleh Twitter untuk mempermudah komunikasi dan interaksi live antara pemerintah dengan warganya. Ini merupakan sistem yang efektif untuk merespon aspirasi masyarakat (baik itu berupa pertanyaan, masukan, ataupun keluhan) yang akan membantu memproses Tweet yang diterima oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, untuk kemudian didelegasikan dan ditindaklanjuti oleh institusi terkait secara real-time.

Twitter telah berkembang sebagai jembatan komunikasi bagi warga untuk menyampaikan keluhan pertanyaan, hingga mencari berita terkini yang terkait dengan pemerintah. Lembaga-lembaga pemerintah menggunakan Twitter untuk memberikan informasi terkini tentang berbagai hal yang terkait dengan pelayanan publik. Hal ini sejalan dengan fungsi Twitter sebagai platform komunikasi live yang dapat menyediakan beragam informasi secara real-time kepada masyarakat luas.

Diluncurkan pertama kali di India dengan nama Twitter Seva, solusi ini telah digunakan oleh berbagai lembaga pemerintah di India; seperti Kementrian Perdagangan (@DIPPGOI), Kementrian Luar Negri (@MEAIndia), Kementrian Kereta Api (@RailMinIndia), Departemen Telekomunikasi (@Dot_India) di bawah Kementrian Komunikasi, Kepolisian Uttar Pradesh (@UPpolice), Kepolisian Bengaluru (@BlrCityPolice), Kepolisian lainnya yang akan segera menggunakan solusi ini adalah Delhi Police (@DelhiPolice), Mumbai Police (@MumbaiPolice) serta Hyderabad Police (@hydcitypolice).