#PositionOfStrength: Mengajak Perempuan Indonesia Berani Berpendapat & Menciptakan Dampak Desar

Oleh
Senin, 25 April 2016

Bekerjasama dengan Wahid Foundation (@WAHID1nstitute) dan PurpleCode, kami meluncurkan #PositionOfStrength di Indonesia. Inisiatif ini bertujuan memberdayakan perempuan di ranah online, sekaligus mengedukasi tentang bagaimana menggunakan Twitter sebagai platform untuk berani berpendapat, menciptakan personal branding yang unik dan berpengaruh, serta berkomunikasi dengan positioning yang tepat.

Di Indonesia, acara ini diselenggarakan hari Sabtu, 23 April lalu dengan beberapa pembicara: Julie-Inmant Grant, Public Policy Director, Twitter Australia & Asia Tenggara (@tweetinjules); Dyhta Caturani (@purplerebel) dari PurpleCode; serta Yenny Wahid (@yennywahid) dan Endah (@deyang) dari Wahid Foundation. Dengan beragam topik seperti: membangun personal branding dan reputasi, menciptakan konten, mengembangkan dan melibatkan masyarakat, serta bagaimana untuk tetap dapat melakukan aktivitas di ranah online secara aman dan nyaman; diskusi ini diharapkan dapat memberikan keterampilan praktis bagi para peserta untuk memungkinkan mereka menciptakan dampak positif melalui media sosial.




Selain workshop, kami juga mengadakan Soap Box, sebuah acara di mana para perempuan undangan yang hadir memiliki kesempatan berbicara selama 140 detik mengenai apa yang menjadi #PositionOfStrength mereka. Para pembicara tersebut memiliki kisah suksesnya masing-masing tentang bagaimana perempuan Indonesia telah mendorong perubahan organik, tidak hanya dalam komunitas perempuan secara online, tetapi juga untuk keseluruhan masyarakat. Mereka menjadi contoh bagaimana perempuan dapat memanfaatkan teknologi digital untuk memperkuat pendapat mereka serta memberikan dampak yang lebih besar dan dalam lingkungan yang lebih aman.



Selain inisiatif #PositionOfStrength, kami juga memperkenalkan panduan keselamatan dan keamanan yang dapat membantu perempuan beraktivitas dengan aman di ranah online serta dapat mengutarakan pendapat dan pemikiran mereka secara terbuka. Melalui Twitter Safety Center yang sudah tersedia dalam bahasa Indonesia sejak tahun 2015 lalu, kami berkomitmen melindungi Anda semua dengan tidak memberikan toleransi terhadap kekerasan dalam bentuk apapun dalam berbagai suku, jenis kelamin, dan orientasi seksual.

#PositionOfStrength: Mengajak Perempuan Indonesia Berani Berpendapat & Menciptakan Dampak Desar

#PositionOfStrength: Mengajak Perempuan Indonesia Berani Berpendapat & Menciptakan Dampak Desar

Sebelum Indonesia, #PositionOfStrength telah diluncurkan di berbagai negara; seperti Australia, Irlandia, Uni Emirat Arab, Singapura, India, dan Kolombia. Gerakan ini juga diperkenalkan di Global Women’s Forum pertama yang diselenggarakan di Dubai pada Februari 2016.

#PositionOfStrength: Mengajak Perempuan Indonesia Berani Berpendapat & Menciptakan Dampak Desar