#RameDiTwitter 2016: Indonesia sebagai Bagian dari Percakapan Global

Oleh
Selasa, 6 Desember 2016

Twitter menjadi tempat di mana berbagai momen penting di tahun 2016 terjadi. Dari olahraga, hiburan, hingga politik; Twitter menggambarkan apa terjadi di 2016. Twitter menjadi tempat pertama untuk bertanya, mendapatkan jawaban, atau berbagi pandangan tentang berbagai pembicaraan penting yang terjadi di dunia. Twitter menyatukan masyarakat dunia untuk tertawa, menangis, berduka, hingga melakukan selebrasi bersama.

Dengan sifatnya yang live dan conversational, Twitter menjadi tempat pertama di mana masyarakat dunia, termasuk Indonesia, berbagi dan mencari informasi terkini tentang apa yang sedang terjadi. Dari momen global seperti bulan Ramadan, #Rio2016 dan #Euro2016; hingga kejadian di Tanah Air yang kemudian menarik perhatian dunia seperti #RI71, #PersibDay dan #TimnasDay; Twitter menjadi bagian sentral dari berbagai hal yang terjadi tahun ini.

Golden Tweet 2016
Tahun ini, gelar Golden Tweet dari Indonesia jatuh kepada Presiden Joko Widodo (@jokowi), yang mengekspresikan kebanggaannya atas pasangan bulutangkis ganda campuran, Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir, yang berhasil menyumbang emas untuk Indonesia di Olimpiade #Rio2016. Kemenangan mereka terjadi hanya sesaat sebelum 17 Agustus berakhir. Tweet tersebut meraih lebih dari 18.200 Retweet.

10 Momen Paling Influensial di Twitter di Indonesia

#RameDiTwitter 2016: Indonesia sebagai Bagian dari Percakapan Global

  • Bulan Suci Ramadan — Ramadan menjadi momen terbesar di Indonesia, di mana pengguna beramai-ramai berbagi konten di Twitter; dari berbagi resep makanan, kutipan religi sebagai renungan menjelang berbuka puasa, hingga saat merayakan Idulfitri di kampung halaman. Indonesia menjadi negara ke-2 dengan jumlah Tweet terbanyak di dunia selama bulan Ramadan. Peta persebaran Tweet Ramadan global dapat dilihat di sini.

  • Kemenangan Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir di Olimpiade #Rio2016 — Pasangan ganda campuran bulutangkis, Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir, berhasil meraih medali emas di Olimpiade Rio 2016, beberapa menit sebelum tanggal 17 Agustus berakhir di Indonesia. Masyarakat berbagi keseruan, dukungan, dan mengucapkan selamat melalui tagar #OwiButetBisaEmas.

  • Hari Kemerdekaan Indonesia ke-71 dirayakan oleh masyarakat dengan berbagai perayaan di seluruh kota di Tanah Air. Tahun ini adalah pertama kalinya Presiden Joko Widodo menyiarkannya melalui akun media sosial, termasuk Periscope. Peta persebaran Tweet terkait percakapan tentang #RI71 dapat dilihat di sini.

  • Aksi Terorisme di Sarinah — Aksi terorisme terjadi di sekitar Sarinah, Jakarta, pada 14 Januari 2016, tidak membuat masyarakat menjadi takut. Masyarakat Indonesia justru bersatu dan saling memberi kekuatan melalui tagar #KamiTidakTakut, #PrayForJakarta dan #SafetyCheckJkt. Tercatat setidaknya ada 2.7 juta Tweet yang terkait dengan momen ini.

  • EURO 2016 — Gaung perayaan kompetisi bola yang paling prestigius di ranah Eropa terdengar keras di linimasa Twitter di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Pengguna Twitter membanjiri lini masa Twitter untuk mengungkapkan dukungan mereka untuk idola mereka dan negara-negara kesukaan mereka menggunakan tagar #Euro2016
  • Gerhana Matahari Total — Perayaan gerhana matahari total yang langka di Indonesia. Indonesia menjadi satu-satunya tempat di dunia di mana orang dapat melihat gerhana matahari total dari area daratan. Masyarakat berbagi momen #GMT2016 mereka di Twitter, di mana pun mereka berada saat itu. Peta persebaran Tweet-nya dapat dilihat di sini.

  • #LoveBTS — Penggemar Bangtan Boys (BTS) di Indonesia berbagi keseruan setiap kali ada kegiatan yang dilakukan oleh boyband K-POP yang satu ini; dari peluncuran klip video terbaru, perayaan ulang tahun anggota, hingga video yang dibagikan oleh BTS di Twitter saat sedang melakukan aktivitas sehari-hari.

  • #TimnasDay — 2016 menjadi tahun kebangkitan Tim Nasional sepakbola Indonesia. Masyarakat berbagi harapan, keseruan, dan dukungan melalui tagar #TimnasDay setiap kali mereka bertanding.

  • Peledakan Bom di Madinah — Serangan bom terjadi di Madinah -yang terjadi hanya beberapa saat sebelum datangnya Idulfitri- menggemparkan masyarakat dunia, termasuk Indonesia. #PrayForMadinah ramai digunakan oleh masyarakat Indonesia dan dunia untuk menunjukkan solidaritas dan empati sesaat setelah serangan bom tersebut terjadi.

  • #PersibDay — Tagar #PersibDay digunakan secara khusus oleh para bobotoh untuk mendukung tim kesayangan mereka yang sedang berlaga di kompetisi sepakbola Indonesia. Salah satu puncak percakapan terjadi saat Haryono mencetak gol pertamanya sejak ia bergabung dengan @persib delapan tahun lalu.

Tagar yang Paling Banyak Digunakan
Sebagai platform yang bersifat live dan bersifat coversational, Twitter membuat masyarakat Indonesia terhubung dengan berbagai peristiwa besar di dunia dan menjadi bagian dari percakapan global. Untuk lingkup Indonesia, beberapa tagar terpopuler tahun ini datang dari campuran peristiwa besar di Tanah Air dan dunia.

#RameDiTwitter 2016: Indonesia sebagai Bagian dari Percakapan Global

  • #RI71 menjadi tagar yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia pada tahun 2016. Tagar yang diciptakan khusus untuk merayakan hari kemerdekaan Indonesia ke 71 dan berhasil mencapai posisi teratas dalam daftar trending topic di Indonesia dan dunia. Tren penggunaan tagar tersebut meningkat ketika Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir berhasil mendapatkan medali emas di Olimpiade #Rio2016.
  • #KamiTidakTakut — Aksi terorisme yang terjadi di daerah Sarinah pada 14 Januari 2016, Jakarta, menghasilkan tanggapan luar biasa dari berbagai penjuru Tanah Air. Masyarakat Indonesia menunjukan keberanian melawan terorisme dan berbagi dukungan melalui tagar ini.
  • #PrayForJakarta — Kejadian di Sarinah, Jakarta, mendapatkan perhatian dunia. Tagar ini tidak hanya digunakan oleh masyarakat Indonesia, tetapi juga oleh masyarakat dunia. 
  • #EURO2016 — Masyarakat Indonesia sangat gemar dengan olah raga sepak bola dan Euro 2016 adalah salah satu contoh tingkat kecintaan masyarakat Indonesia terhadap sepak bola. Masyarakat Indonesia membanjiri lini masa Twitter untuk memberikan pandangan, dukungan, serta informasi terbaru tentang pertandingan melalui tagar ini.
  • #LoveBTS — Bangtan Boys (BTS), boyband KPOP, secara konsisten sering berada di daftar trending topic Indonesia tahun ini. Penggemar BTS di Indonesia berbagi keseruan setiap kali ada kegiatan yang dilakukan oleh grup tersebut; dari peluncuran klip video terbaru, perayaan ulang tahun anggota, hingga video yang dibagikan oleh BTS di Twitter saat sedang melakukan aktivitas sehari-hari.
  • #JumatBerkah — Tagar ini banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk mengucapkan rasa syukur akan datangnya hari Jumat melalui akun Twitter mereka.
  • #EXOBoyband KPOP EXO tidak hanya berjaya di kehidupan nyata, tetapi juga di Twitter. Penggemar mereka menggunakan tagar ini untuk berbagi informasi dan menunjukkan kecintaan mereka terhadap boyband yang satu ini.
  • #wowfakta — Tagar ini digunakan akun @WowFakta untuk berbagi koleksi beragam fakta lucu dan unik.
  • #Rio2016 — Tahun 2016 telah diramaikan dengan adanya pertandingan Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro yang disaksikan oleh miliaran penduduk dunia. Tagar ini banyak digunakan oleh pengguna media sosial selama perhelatan festival pertandingan olah raga tersebut. Penggunaan tagar ini berada pada puncaknya saat Indonesia berhasil mendapatkan medali emas melalui cabang bulu tangkis.
  • #PrayForMadinah — Tagar ini ramai digunakan oleh masyarakat Indonesia dan dunia setelah serangan bom  terjadi di kota Madinah, hanya beberapa saat sebelum datangnya Idulfitri.

10 Akun dengan Pengikut Terbanyak
Daftar berikut ini menunjukkan beragam ketertarikan masyarakat Indonesia dalam mengikuti akun Twitter figur publik: baik itu penyanyi, politikus, pemain film, hingga media. Agnes Monica (@agnezmo) masih menduduki posisi teratas dengan jumlah follower sebanyak 16,1 juta; bertambah lebih dari 1,5 juta follower dari jumlah tahun lalu. Raditya Dika (@radityadika) juga tetap berada pada posisi ke-2 dengan pertumbuhan jumlah follower sebanyak 2,2 juta. Peningkatan peringkat terjadi pada akun @Metro_TV (dari peringkat 9 ke 7), @SBYudhoyono (peringkat 9 ke 8), serta pendatang baru yaitu @Cinema21 yang selalu aktif akun mereka untuk menciptakan dan mempertahankan engagement dengan melakukan berbagai aktivitas melalui Twitter.

#RameDiTwitter 2016: Indonesia sebagai Bagian dari Percakapan Global

Untuk merayakan momen akhir tahun 2016, tahun ini Twitter mengeluarkan emoji khusus berupa gambar ilustrasi angka 2016 dengan ikon logo Twitter melalui tagar #thishappened. Emoji ini dapat digunakan hingga 5 Januari 2017. Terima kasih telah berpartisipasi menjadikan Indonesia sebagai bagian dari percakapan dunia. Jadi, apa momen #RameDiTwitter 2016 versi Anda?