Rekap Data Twitter untuk Olimpiade #Rio2016

Oleh
Selasa, 23 Agustus 2016

Dengan selesainya #ClosingCeremony kemarin, berakhir juga Olimpiade #Rio2016. Mari kita lihat bagaimana Twitter menjadi bagian tak terpisahkan dalam perayaan olahraga dunia ini. Sepanjang Olimpiade #Rio2016, penggemar di seluruh dunia beralih ke Twitter untuk menyaksikan berbagai momen kemenangan, terhubung dengan para atlet, dan menyaksikan secara real time apa yang sedang terjadi di Brazil. Berikut adalah ringkasan tentang bagaimana Olimpiade 2016 berlangsung berdasarkan data Twitter.

Tweets terkait #Rio2016 dilihat sebanyak 75 miliar kali
Secara keseluruhan, terdapat lebih dari 187 juta Tweet terkait penyelenggaraan Olimpiade #Rio2016 dengan 75 miliar Tweet impressions (berapa banyak Tweet tersebut dilihat di Twitter dan di luar Twitter).

Rekap Data Twitter untuk Olimpiade #Rio2016

Momen yang paling banyak dibicarakan di Twitter
Percakapan tentang #Rio2016 bergaung setiap harinya secara live di Twitter. Namun, momen saat @neymarjr memenangkan pertandingan melawan Jerman melalui tendangan penalti menjadi yang tertinggi di antara berbagai momen seru lainnya. Berikut adalah tiga momen yang paling banyak dibicarakan di Twitter selama #Rio2016, yang diukur berdasarkan Tweet per menit.

Rekap Data Twitter untuk Olimpiade #Rio2016

Di Indonesia, #badminton menjadi cabang olahraga yang paling banyak dibicarakan di Twitter. Laga final ganda campuran antara Tontowi Ahmad & Liliyana Natsir melawan pasangan dari Malaysia tanggal 17 Agustus lalu menjadi momen yang paling banyak dibicarakan oleh pengguna Twitter di Indonesia. Medali emas persembahan pasangan ini menjadi hadiah manis untuk Hari Kemerdekaan #RI71, yang mereka raih hanya beberapa menit sebelum 17 Agustus berakhir. Masyarakat Indonesia pun turut larut dalam kegembiraan ini. Terdapat setidaknya 1,1 juta Tweet terkait laga final ini. Puncak percakapan terjadi pada 00.29 WIB dini hari tadi dengan 5.200 Tweet per menit. Tagar #OwiButetBisaEmas pun sempat memasuki jajaran trending topic dunia.

Rekap Data Twitter untuk Olimpiade #Rio2016

Atlet dan cabang olahraga yang paling banyak dibicarakan di Twitter
Dengan lebih dari 5 medali emas, Michael Phelps (@MichaelPhelps) menjadi atlet yang paling banyak disebut-sebut di Twitter. Berikut ini adalah tiga atlet yang paling banyak dibicarakan di Twitter selama #Rio2016.

Rekap Data Twitter untuk Olimpiade #Rio2016

Dan berikut ini adalah cabang olahraga yang paling banyak dibicarakan di Twitter.

Rekap Data Twitter untuk Olimpiade #Rio2016

Tweet atlet dengan Retweet terbanyak
Memimpin di cabang olahraga senam… dan di Twitter, Simone Biles (@Simone_Biles) memimpin dalam hal Tweet dengan Retweet terbanyak. Berikut ini adalah 10 Tweet atlet dengan Retweet terbanyak selama Olimpiade #Rio2016 berlangsung.

Vine
Vine membawa penggemar olah raga lebih dekat lagi dengan Olimpiade #Rio2016. Vine memfitur beragam konten Olimpiade di bagian Explore di aplikasi mobile. Dan saat pengguna menekan dua kali sebuah Vine dari @Olympics dan berbagai akun tim lainnya, ikon Obor Olimpiade akan muncul. Berikut ini adalah beberapa Vine terbaik selama #Rio2016.



Apakah ada yang bisa menandingi kecepatan @usainbolt berlari?