Riuhnya Twitter Menyambut Portugal sebagai Juara #EURO2016

Senin, 11 Juli 2016

#EURO2016 merupakan salah satu turnamen sepakbola yang paling banyak dinanti oleh penggemar sepakbola dunia. Keriuhan tidak hanya terjadi di lapangan pada saat pertandingan berlangsung, tetapi juga di Twitter. Sejak turnamen ini dimulai satu bulan lalu, terdapat lebih dari 109 juta Tweet yang terkait dengan #EURO2016.

Laga final #PORFRA menjadi salah satu momen yang paling banyak dibicarakan di Twitter selama turnamen berlangsung. Hanya berselang menit setelah peluit tanda berakhirnya permainan berbunyi, para pemain dunia langsung berbagi keseruan yang mereka rasakan di Twitter. Terdapat setidaknya 14,2 juta Tweet yang membicarakan pertandingan final ini. Cristiano Ronaldo (@Cristiano) pun menjadi pemain yang paling banyak dibicarakan di Twitter pada laga final dan selama turnamen #EURO2016 berlangsung



Peta persebaran Tweet di bawah menunjukkan betapa mendunianya percakapan tentang pertandingan #PORFRA. Klik gambar di bawah untuk langsung masuk ke peta interaktif.

Riuhnya Twitter Menyambut Portugal sebagai Juara #EURO2016

Berikut ini adalah lima pemain yang paling banyak dibicarakan di Twitter selama turnamen berlangsung:

  1. Cristiano Ronaldo (@Cristiano)
  2. Antoine Griezmann (@AntoGriezmann)
  3. Dimitri Payet (@dimpayet17)
  4. Gareth Bale (@GarethBale11)
  5. Olivier Giroud (@_OlivierGiroud_)

Sedangkan lima tim yang paling banyak dibicarakan di Twitter selama turnamen berlangsung adalah sebagai berikut:

  1. Portugal (@selecaoportugal)
  2. Perancis (@equipedefrance)
  3. Jerman (@DFB_Team)
  4. Wales (@FAWales)
  5. Inggris (@england)

Sebagai platform komunikasi real time, penggemar sepakbola dunia membicarakan berbagai momen di setiap pertandingan; dari pemberian kartu merah terhadap pemain, offside, hingga pertambahan waktu. Tapi yang biasanya paling banyak dibicarakan adalah gol yang tercipta di setiap pertandingan. Di bawah ini adalah visualisasi data interaktif yang menunjukkan reaksi real time di Twitter di setiap gol yang tercipta selama turnamen berlangsung. Silakan klik gambar di bawah untuk langsung masuk ke situs interaktif

Riuhnya Twitter Menyambut Portugal sebagai Juara #EURO2016

Banyak pemain, pelatih, dan wasit telah menjadi perbincangan di Twitter selama turnamen #EURO2016. Tapi siapa saja yang menjadi Twitter Dream Team berdasarkan pemain dan pelatih yang paling banyak dibicarakan di Twitter selama turnamen berlangsung? Di bawah ini adalah kesebelasan tersebut.

Riuhnya Twitter Menyambut Portugal sebagai Juara #EURO2016