Terima Kasih! Love, Twitter

Oleh
Senin, 21 Maret 2016

Perjalanan Twitter dimulai pada tanggal 21 Maret 10 tahun lalu dengan sebuah Tweet dari CEO Twitter, Jack Dorsey (@jack). Sejak saat itu, orang di seluruh penjuru dunia saling terhubung dengan berbagai hal yang menarik minat mereka, setiap hari di berbagai momen dalam kehidupan mereka.

Memasuki momen bersejarah ini, kami ingin merayakan kehadiran Anda sebagai bagian dari perjalanan Twitter selama ini. Saat 21 Maret dimulai di seluruh dunia, masing-masing kantor kami di berbagai negara akan memulai hari dengan menunjukkan penghargaan dan rasa terima kasihnya untuk Anda semua - dimulai di Sydney hingga ke kantor pusat Twitter di San Francisco.

Di Indonesia sendiri, Twitter telah menjadi bagian tak terpisahkan dari interaksi sehari-hari. Berikut ini adalah 10 momen ikonik Twitter di Indonesia selama 10 tahun terakhir.

#KoinUntukPrita (Desember 2009)
Masyarakat Indonesia bersatu di Twitter untuk membantu Prita Mulyasari (@pmulyasari) mengumpulkan Rp 204 juta guna membayar tagihan biaya rumah sakit. Sebagai salah satu awal dari mulai banyaknya gerakan sosial yang dilakukan melalui media sosial, #KoinUntukPrita berhasil mengumpulkan lebih Rp 650 juta dan membantu Prita membayar tagihan rumah sakit yang sebelumnya tak mampu untuk dibayarnya.

@JalinMerapi (Oktober 2010)
Ketika Gunung Merapi meletus tahun 2010, Jaringan Informasi Lingkar Merapi meluncurkan @JalinMerapi. Berkoordinasi dengan radio komunitas serta mendapatkan informasi dari masyarakat yang tinggal di daerah tersebut, akun ini mendistribusikan informasi real time tentang situasi terkini Gunung Merapi. Akun ini juga menjadi saluran informasi yang efektif untuk mitigasi bencana - bagi masyarakat di daerah Merapi, pemerintah, organisasi terkait lainnya, serta relawan dan orang-orang yang ingin mengirimkan donasi.

#DemiMetallica (Juli 2013)
Setelah konser Metallica di tahun 1993, grup musik metal ini kembali ke Indonesia pada bulan Agustus 2013. Sejak awal Juli 2013, ranah Twitter di Indonesia diramaikan oleh gerakan #DemiMetallica. Konsepnya sederhana, jual-beli barang pribadi demi dapat membeli tiket konser Metallica. Ketika harga resmi tiket diumumkan pada tanggal 8 Juli, #DemiMetallica begitu membara, sampai akhirnya dibuat akun @DemiMetallica sebagai pusat informasi berbagai hal yang terkait dengan koser tersebut.

#SelamatDatangLFC (Juli 2013)
Kedatangan klub sepakbola dunia, Liverpool, ke Jakarta di tahun 2013 menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu oleh penggemar sepakbola Indonesia. Saat “The Reds” menginjakkan kaki di Jakarta, ribuan penggemarnya pun sudah menanti di bandara Halim Perdanakusuma dan menyambut mereka dengan tagar #SelamatDatangLFC.

Kemenangan @jokowi di Pemilu (Juli 2014)
Pemilu 2014 menorehkan sejarah bagi Twitter. Tercatat lebih dari 95 juta Tweet yang terkait dengan Pemilu sejak awal tahun 2014 hingga hari kemenangan, di mana masyarakat Indonesia turut aktif berpartisipasi melakukan kampanye mendukung calonnya masing-masing, online dan offline. Twitter pun menjadi saksi kemenangan @jokowi yang menjadi topik utama terkait Pemilu terbanyak di Twitter dengan jumlah 22% dari total Tweet yang ada.

#SaveKPK (Januari 2015)
Saat berita penangkapan Wakil Ketua KPK, Bambang Widjajanto, muncul pada 23 Januari 2013, masyarakat Indonesia bersatu melalui Twitter menuntut pembebasannya. Ribuan orang berkumpul di kantor KPK sebagai bentuk solidaritas dan melakukan aksi damai menuntut pembebasan secepatnya - menjadikan tagar #SaveKPK trending topic #1 di Indonesia dan dunia.

#RIPOlgaSyahputra (Maret 2015)
Meninggalnya aktor dan komedian ternama Olga Syahputra meninggalkan duka mendalam bagi para penggemarnya. Setelah beberapa bulan sakit dan dirawat di Singapura, selebriti yang memulai karirnya dari bawah ini berpulang pada tanggal 27 Maret. Masyarakat Indonesia pun beralih ke Twitter untuk menyampaikan simpati dan berbagi kenangan tentang kebaikan-kebaikannya melalui tagar #RIPOlgaSyahputra.

#PollStory (Desember 2015)
Penulis populer @ikanatassa mengajak para pembacanya untuk berpartisipasi dalam menentukan alur dari kisah terbarunya, “Architecture of Love.” Buku ini akan menjadi buku pertama di dunia yang diterbitkan dengan bantuan Twitter Poll.

#KamiTidakTakut (Januari 2016)
Saat serangan teroris terjadi di Jakarta, masyarakat Indonesia langsung beralih ke Twitter untuk mencari informasi real time tentang kejadian tersebut. Tidak hanya itu, masyarakat pun bersatu di Twitter dengan menyampaikan solidaritas melawan serangan yang terjadi melalui tagar #KamiTidakTakut. Terdapat lebih dari 820.000 Tweet yang terkait dengan kejadian ini dan tagar #PrayForJakarta sempat menjadi trending topic #1 dunia.

#GMT2016 (Maret 2016)
Momen langka Gerhana Matahari Total disambut meriah oleh masyarakat Indonesia. Sebagai satu-satunya area daratan di dunia di mana detik-detik menuju #GMT2016 dapat dilihat dengan dengan jelas, masyarakat Indonesia membanjiri Twitter dengan berbagai reaksi syukur dan takjub. Terdapat lebih dari 500.000 Tweet selama 24 jam yang terkait dengan momen ini.

Baik momen-momen besar maupun momen lain yang terjadi setiap hari, masyarakat Indonesia dengan semangat membagikannya melalui Twitter. Beberapa momen ikonik dunia dapat dilihat melalui peta interaktif ini.

Satu dekade sudah Twitter menjadi bagian dari keseharian masyarakat Indonesia; untuk saling berbagi keseruan, momen, serta informasi yang menghubungkan semua pengguna kami di negara ini. Kami tidak akan menjadi seperti saat ini tanpa Anda. Terima kasih atas kepercayaan dan dukungan yang sudah diberikan. Kepercayaan Anda menjadi penyemangat bagi Twitter untuk selalu memberikan yang terbaik bagi masyarakat Indonesia; kemarin, hari ini, hingga tahun-tahun yang akan datang.

Love,
Twitter

#LoveTwitter

Terima Kasih! Love, Twitter

Terima Kasih! Love, Twitter