Perusahaan

Meluruskan beberapa hal terkait Twitter Indonesia dan ketidakberpihakan

Oleh
Selasa, 2 April 2019

Ada banyak perbincangan tentang Twitter dan keberpihakan politik di Indonesia dalam beberapa minggu terakhir, dan kami ingin mengambil kesempatan ini untuk meluruskan beberapa hal.

Twitter adalah platform tempat berbagai suara dari beragam spektrum dapat dilihat dan didengar. Kami berkomitmen untuk memegang teguh prinsip-prinsip keterbukaan, transparansi, dan ketidakberpihakan.

Baik itu tren, proses penegakan kebijakan Twitter, maupun terkait konten yang muncul di linimasa Anda; kami percaya pada ketidakberpihakan dan tidak mengambil tindakan apa pun berdasarkan sudut pandang politik. Produk dan kebijakan kami tidak pernah diciptakan atau dikembangkan berdasarkan ideologi politik.

Tweet ini tidak tersedia
Tweet ini tidak tersedia.

Pelaporan dan penegakan Peraturan Twitter
Kami telah melakukan lebih dari 70 kali perubahan produk, kebijakan, dan operasional sejak dari awal 2018; semua bertujuan untuk membuat orang merasa nyaman mengekspresikan diri mereka di platform kami. Perilaku kasar dan ajakan kebencian bisa datang dari berbagai akun yang memiliki berbagai ideologi dan kami akan mengambil tindakan ketika Peraturan Twitter dilanggar.

Perlu kami tegaskan; bahwa kami tidak meninjau, memprioritaskan, atau menegakan kebijakan kami berdasarkan ideologi politik. Setiap Tweet dan setiap akun diperlakukan dengan tidak memihak. Kami menerapkan kebijakan kami secara adil dan bijaksana untuk semua.

Kami memiliki tim khusus di level global yang menegakkan Peraturan Twitter tanpa memihak. Karyawan Twitter Indonesia tidak membuat keputusan penegakan peraturan. Hal ini dilakukan untuk memastikan keadilan dan objektivitas dalam setiap keputusan yang kami ambil.

Kebijakan kami telah berkembang untuk lebih dapat melindungi pemilik akun dan memberikan informasi sejelas mungkin tentang perilaku seperti apa saja yang dilarang. Kami memiliki serangkaian Peraturan yang menguraikan perilaku yang kami izinkan di Twitter, dan pemegang akun dapat mengajukan banding terhadap keputusan yang kami terapkan kapan saja. Proses lengkapnya dirinci di sini.

Tweet ini tidak tersedia
Tweet ini tidak tersedia.

Trending topic
Trending topic adalah area di mana kami melihat spekulasi dan asumsi terkait bias politik kerap dilontarkan terhadap Twitter, seringkali tanpa dasar faktual. Tren adalah topik yang sedang populer dibicarakan saat ini, bukan topik yang telah populer untuk sementara waktu atau setiap hari.

Tren tidak ditentukan oleh jumlah total Tweet pada suatu topik saja - jumlah total Tweet hanya satu faktor ketika menentukan peringkat dan menentukan tren. Faktor yang sangat penting dalam menentukan tren adalah jumlah Tweet dalam periode waktu tertentu (percepatan), yang tidak selalu terkait dengan jumlah total Tweet (volume). Ketika sebuah topik keluar dari daftar topik yang sedang tren, itu karena volume dan percepatan telah berkurang. Trending topic - pada intinya - disusun oleh algoritma mesin yang objektif dan dibangun secara khusus. Klaim yang mengatakan sebaliknya adalah salah.

Hanya ada beberapa kejadian yang sangat jarang, di mana Twitter akan mencegah konten tertentu dari jajaran trending topic. Informasi ini tertera pada Peraturan Twitter, dan biasanya terjadi ketika tren mengandung kata-kata kotor atau referensi dewasa / grafis, memicu kebencian pada kelompok yang dilindungi, atau melanggar Peraturan Twitter. Keputusan ini diambil oleh para ahli yang terlatih dan tidak pernah didasarkan pada atau terkait dengan ideologi politik. Informasi lebih lengkap mengenai trending topic dapat ditemukan di sini.

Tweet ini tidak tersedia
Tweet ini tidak tersedia.

Linimasa
Seperti yang telah dinyatakan oleh CEO kami, Twitter tidak menggunakan ideologi politik untuk memberi peringkat terhadap konten yang ada di platform kami. Saat membuat akun Twitter, pengguna memutuskan akun mana yang ingin mereka ikuti - mereka yang mengendalikan konten seperti apa yang mereka lihat dan minati.

Pemegang akun Twitter juga kami anjurkan dan memiliki otoritas untuk menggunakan pengaturan linimasa yang bersifat kronologis terbalik, yang menunjukkan Tweet sesuai dengan waktu yang dikirim.

Informasi lebih lanjut tentang linimasa Twitter dapat ditemukan di sini.

Tweet ini tidak tersedia
Tweet ini tidak tersedia.

Verifikasi
Proses verifikasi umum kami saat ini sedang ditutup. Untuk pemilihan umum ini; kami bekerjasama dengan Komisi Pemilihan Umum (@KPU_ID) untuk melakukan verifikasi kandidat, pejabat terpilih, dan pihak-pihak terkait, yang akun Twitternya akan aktif dalam percakapan publik. Perlu kami tekankan, bahwa para pihak terkait yang memilih sendiri akun yang akan diverifikasi, kemudian kami akan meninjau akun tersebut untuk memastikan mereka memenuhi standar verifikasi kami. Kami melakukan verifikasi akun untuk mendukung percakapan publik yang sehat dan memberikan kepastian kepada publik bahwa akun para figur publik benar-benar dimiliki oleh individu atau organisasi itu sendiri.

Tweet ini tidak tersedia
Tweet ini tidak tersedia.
Tweet ini tidak tersedia.

Pengikut
Pada bulan Juli 2018, kami mengumumkan bahwa kami memperbaiki cara menghitung jumlah pengikut di setiap akun di Twitter untuk menghapus akun-akun yang tidak aktif. Kebanyakan orang melihat perubahan jumlah pengikut sebanyak empat pengikut atau kurang, sedangkan akun Twitter dengan jumlah pengikut yang sangat besar dapat mengalami penurunan yang lebih signifikan. Ini merupakan inisiatif global yang tidak menargetkan wilayah geografis, ideologi politik atau akun Twitter tertentu.

Usaha kami untuk secara proaktif mengidentifikasi dan menangani akun Twitter yang bermasalah terus berlangsung dalam skala global. Oleh karena itu, jumlah pengikut di akun Twitter dapat terus berubah secara berkala. Namun hal ini tidak terkait dengan keberpihakan politik dan proses tersebut tidak menargetkan pengguna Twitter ataupun wilayah geografis tertentu. Tujuan kami adalah untuk meningkatkan kepercayaan yang dimiliki para pemilik akun Twitter akan metrik jumlah pengikut, dan untuk memastikan bahwa akun spam telah dihapus dari platform kami.

Tweet ini tidak tersedia
Tweet ini tidak tersedia.

Rangkuman
Sifat Twitter yang real-time dan terbuka memfasilitasi keterlibatan warga negara akan berbagai topik berskala lokal dan nasional selama masa pemilihan umum. Percakapan atau asumsi publik seputar kebijakan Twitter serta tindakan terhadap pelanggaran Peraturan Twitter yang kami lakukan mungkin saja terdistorsi oleh beberapa individu yang memiliki agenda politik, dan hal ini mungkin lebih terlihat selama siklus pemilihan umum di mana retorika politik yang kuat menjadi lebih umum. Kami akan berusaha untuk lebih transparan dalam cara pengembangan dan penegakan kebijakan kami untuk menghilangkan teori konspirasi dan ketidakpercayaan dari publik.

Kami berkomitmen untuk memperlihatkan semua sisi percakapan yang sedang terjadi; seiring dengan berjalannya musim pemilihan umum di berbagai negara di dunia - yang memiliki beragam iklim budaya, politik dan sosial. Kami memegang teguh misi kami untuk melayani pengguna Twitter di mana pun mereka berada, serta melindungi dan meningkatkan percakapan publik yang terjadi di platform kami.

Tweet ini tidak tersedia
Tweet ini tidak tersedia.