Perusahaan

Memberikan konteks yang lebih tepercaya pada percakapan di Twitter

Senin, 2 Agustus 2021

Kami berkolaborasi dengan The Associated Press (AP) dan Reuters untuk memperluas upaya berkelanjutan kami dalam mengidentifikasi dan meningkatkan kredibilitas informasi yang ada di Twitter.

Kami berkomitmen untuk memastikan, bahwa saat orang datang ke Twitter untuk melihat apa yang sedang terjadi, mereka dapat dengan mudah menemukan informasi yang terpercaya. Melalui kolaborasi ini, Twitter dapat memperluas dan mempercepat upaya dalam memberikan konteks yang lebih aktual pada berbagai topik dan percakapan global yang terjadi di Twitter setiap harinya.

Bagaimana Twitter menyediakan informasi dan konteks yang lebih tepercaya
Tim Twitter Curation (Kurasi Twitter) membantu memberikan konteks kepada orang-orang sebagai acuan dalam membuat keputusan yang tepat tentang apa yang mereka lihat di Twitter. Saat percakapan yang tentang sesuatu yang sedang ramai dibicarakan di Twitter terkait hal-hal penting yang patut diperhatikan, kontroversial, sensitif, atau bahkan berpotensi mengandung informasi yang menyesatkan; tim Kurasi Twitter akan berupaya memberikan sumber dan konteks yang relevan dari berbagai sumber tepercaya.

Tweet ini tidak tersedia
Tweet ini tidak tersedia.

Saat ini orang-orang dapat melihat konteks tambahan dan informasi tepercaya pada beberapa bagian di Twitter sebagai berikut:

  • Tren. Untuk menjelaskan Tren terkini; kami sering melampirkan konteks tambahan pada Tren tersebut melalui Momen, sebuah Tweet, atau deskripsi tertulis.
  • Tab Jelajahi. Tab Jelajahi menyajikan berbagai topik yang dikurasi khusus untuk Anda. Ini adalah cara Twitter menunjukkan kepada Anda mengenai apa yang sedang terjadi saat ini. Di dalamnya termasuk Momen yang dibuat oleh tim Twitter, dari pihak ketiga seperti portal berita, dan juga Tren.
  • Pencarian. Ketika orang mencari tagar atau frasa di Twitter, kata kunci tertentu yang ditentukan oleh  Twitter akan secara otomatis menampilkan konten dari sumber tepercaya atau Momen yang menyanggah misinformasi di paling atas hasil pencarian.
  • Notifikasi khusus. Ketika momen-momen penting sedang berlangsung; seperti pemilu atau keadaan darurat kesehatan masyarakat; Twitter akan memperlihatkan notifikasi khusus di tab Jelajahi atau Linimasa yang terhubung langsung dengan Momen iklan layanan masyarakat. Ini mencakup informasi dari sumber tepercaya tentang topik-topik seperti bagaimana cara yang aman untuk menggunakan hak suara ketika pandemi atau informasi tepercaya seputar vaksinasi.
  • Label. Terkadang suatu Tweet yang melanggar kebijakan misinformasi terkait Media Ubahan dan Termanipulasi, COVID-19, atau Integritas Kewarganegaraan akan tetap terlihat di Twitter. Ketika hal tersebut terjadi, suatu label mungkin akan ditambahkan ke dalam Tweet yang terhubung ke Momen dengan konteks yang informatif tentang topik tertentu atau ke Peraturan Twitter.
Tweet ini tidak tersedia
Tweet ini tidak tersedia.

Bagaimana program ini dapat memperluas upaya Twitter

Melalui program ini, Tim Kurasi Twitter akan meningkatkan kapasitas dalam menambahkan konteks yang lebih tepercaya pada percakapan yang sedang terjadi di Twitter. Kolaborasi ini akan meningkatkan skala dan kecepatan dari pekerjaan yang disebutkan di atas melalui:

  • Meningkatkan dan memperbarui cara berbagi konteks: Memastikan ketersediaan informasi yang tepercaya secara real time seputar percakapan yang sedang terjadi di Twitter, terutama ketika ada perdebatan terkait suatu fakta atau ketika tim Kurasi Twitter tidak memiliki keahlian spesifik atau akses ke laporan yang bereputasi cukup tinggi di Twitter. Contohnya, orang di Twitter berharap untuk melihat Tren dengan deskripsi yang memiliki konteks dan lebih sering melihat tautan laporan dari sumber tepercaya.
  • Mengantisipasi dan secara proaktif mengidentifikasi percakapan yang sedang terjadi: Secara proaktif memberikan konteks yang lebih jelas pada topik yang sedang ramai dibicarakan, termasuk percakapan yang berpotensi berisi informasi menyesatkan. Daripada menunggu konten tersebut menjadi viral, Twitter akan memberikan konteks yang lebih akurat terhadap percakapan tersebut untuk mengantisipasi percakapan publik.
  • Meningkatkan efektivitas dari fitur-fitur produk: Untuk mendukung eksperimen produk dan inisiatif yang ada di mana konteks tambahan yang tepercaya dapat membuat pekerjaan kami menjadi lebih baik. Contohnya, Birdwatch akan menggunakan masukan dari The Associated Press dan Reuters sebagai salah satu cara untuk menilai kualitas informasi yang diutarakan oleh para peserta Birdwatch.

Dalam fase awal program ini, The Associated Press dan Reuters akan fokus pada konten berbahasa Inggris.

Tweet ini tidak tersedia
Tweet ini tidak tersedia.

Kepercayaan, ketepatan dan ketidakberpihakan adalah inti dari apa yang Reuters yakini dan terapkan setiap hari, menyediakan informasi yang dibutuhkan oleh miliaran orang untuk membuat keputusan yang cerdas. Nilai-nilai tersebut juga meningkatkan komitmen kami untuk menghentikan penyebaran misinformasi. Kami sangat senang berkolaborasi dengan Twitter untuk memperluas keahlian global dan lokal kami dalam melayani percakapan publik dengan informasi tepercaya.

Hazel Baker

Head of UGC Newsgathering, Reuters

AP memiliki sejarah yang panjang dalam bekerja sama dengan Twitter, dan juga platform lainnya, untuk memperluas jangkauan jurnalisme yang faktual. Pekerjaan ini merupakan bagian penting dari misi kami. Kami sangat senang dengan kolaborasi yang dapat memperluas skala dan kecepatan AP dalam memberikan konteks yang lebih akurat pada percakapan online, untuk akses yang lebih mudah ke fakta yang ada.

Tom Januszewski

Vice President of Global Business Development, AP

Bagaimana program ini dapat sejalan dengan penerapan Peraturan Twitter?
Cakupan program ini tidak bergantung pada pekerjaan yang dilakukan oleh tim Twitter Trust & Safety untuk menentukan apakah Tweet tersebut melanggar Peraturan Twitter. The Associated Press dan Reuters tidak akan terlibat dalam keputusan penerapan kebijakan.

Apa langkah selanjutnya?
Kami berharap upaya kami dapat berkembang seiring waktu dan pekerjaan ini dapat berevolusi bersamaan dengan upaya kami dalam mempelajari, melakukan observasi, dan mengukur upaya dalam memberikan dukungan secara global di berbagai wilayah dan pada beragam bahasa.

Program ini hanyalah salah satu dari upaya berkelanjutan kami untuk membantu orang-orang dalam memahami percakapan yang sedang terjadi di Twitter. Orang-orang terlibat dalam berbagai percakapan publik di Twitter setiap harinya, dan kami berkomitmen melanjutkan pekerjaan kami dalam meningkatkan informasi dan konteks yang lebih tepercaya.

Tweet ini tidak tersedia
Tweet ini tidak tersedia.