Perusahaan

Memperluas kebijakan informasi pribadi dengan juga memasukkan media

Oleh
Selasa, 30 November 2021

Sebagai bagian dari upaya berkelanjutan kami dalam membangun solusi berbasis privasi dan keamanan, kami telah memperbarui kebijakan informasi pribadi Twitter dan memperluas jangkauannya kepada ‘media pribadi.’ Berdasarkan kebijakan yang sudah ada; mempublikasikan informasi pribadi orang lain, seperti nomor telepon, alamat, dan kartu identitas, tidak diperbolehkan di Twitter. Termasuk di dalamnya adalah ancaman untuk membongkar informasi pribadi atau mengajak orang untuk melakukannya.

Ada kekhawatiran yang terus berkembang tentang penyalahgunaan media dan informasi yang tidak diperbolehkan di layanan online manapun sebagai alat untuk mengganggu, mengintimidasi, dan mengungkap identitas seseorang. Membagikan media pribadi, seperti gambar dan video, berpotensi untuk melanggar privasi seseorang dan dapat menyebabkan kerugian emosional atau fisik. Penyalahgunaan media bisa terjadi ke siapa saja, namun bisa menyebabkan efek yang lebih tidak baik bagi perempuan, aktivis, disiden, dan juga kelompok kaum minoritas. Saat kami menerima laporan bahwa Tweet tersebut berisikan media pribadi yang tidak dikenal, kami akan mengambil langkah sesuai dengan berbagai pilihan penegakan peraturan kami.

Meskipun kebijakan dan Peraturan Twitter yang sudah ada mencakup perilaku yang bersifat menghina, pembaruan ini memungkinkan kami untuk mengambil tindakan terhadap media yang membagikan konten kasar secara eksplisit tanpa adanya persetujuan dari orang yang terlibat. Ini merupakan langkah berkelanjutan kami untuk menyelaraskan kebijakan keamanan kami dengan standar hak asasi manusia, dan akan diberlakukan secara global mulai hari ini.

Tweet ini tidak tersedia
Tweet ini tidak tersedia.

Apa saja pelanggaran terkait kebijakan ini?
Berdasarkan kebijakan ini, Anda tidak dapat membagikan jenis informasi atau media pribadi berikut tanpa adanya persetujuan dari orang yang bersangkutan:

  • alamat rumah atau informasi lokasi fisik; termasuk nama jalan, koordinat GPS, atau informasi identitas lain yang terkait dengan lokasi dianggap pribadi;
  • dokumen identitas, termasuk tanda pengenal yang dikeluarkan oleh pemerintah dan jaminan sosial atau nomor identitas nasional lainnya – catatan: kami dapat memberikan pengecualian bagi wilayah yang tidak mengklasifikasikan informasi ini sebagai informasi probadi;
  • informasi kontak, termasuk nomor telepon pribadi atau alamat email;
  • informasi rekening keuangan, termasuk rekening bank dan rincian kartu kredit; dan
  • informasi pribadi lainnya, termasuk data biometrik dan rekam medis.
  • BARU: media individu pribadi tanpa izin dari orang yang digambarkan.

Tindakan berikut ini juga dilarang:

  • mengancam untuk mengumbar informasi pribadi seseorang kepada publik;
  • membagikan informasi yang dapat memungkinkan seseorang untuk membajak atau mengakses informasi pribadi orang lain tanpa persetujuan, seperti misalnya membagikan kredensial masuk ke akun perbankan online mereka;
  • meminta atau menawarkan hadiah atau imbalan finansial sebagai imbalan untuk memposting informasi pribadi seseorang;
  • meminta hadiah atau imbalan finansial untuk tidak memposting informasi pribadi seseorang, yang terkadang disebut juga sebagai tindakan pemerasan.

Ketika suatu informasi atau media pribadi dibagikan di Twitter, kami membutuhkan laporan dari orang yang bersangkutan atau dari perwakilan orang tersebut untuk menentukan, bahwa foto atau video tersebut beredar tanpa persetujuan mereka. Pelajari lebih lanjut mengenai cara melaporkannya di Twitter.

Tweet ini tidak tersedia
Tweet ini tidak tersedia.

Membagikan media pribadi
Ketika kami diberitahu oleh orang yang digambarkan atau perwakilan resmi mereka, bahwa mereka tidak menyetujui gambar atau video pribadi mereka dibagikan; kami akan menghapus konten tersebut. Kebijakan ini tidak berlaku bagi media yang menampilkan figur publik atau seseorang, ketika media dan teks Tweet yang menyertainya dibagikan untuk kepentingan publik atau menambah nilai sebuah diskusi publik.

Namun, jika tujuan dari penyebaran foto pribadi figur publik atau orang yang menjadi bagian dari percakapan publik adalah untuk menghina, mengintimidasi, atau membungkam mereka dengan ancaman; kami akan menghapus konten tersebut sesuai dengan kebijakan kami tentang perilaku yang bersifat menghina. Demikian pula dengan foto tanpa busana milik pribadi dari orang lain, yang dapat kami hapus sesuai dengan kebijakan ketelanjangan tanpa persetujuan.

Tweet ini tidak tersedia
Tweet ini tidak tersedia.

Kami menyadari adanya kondisi di mana pemilik akun mungkin membagikan foto atau video pribadi dari orang lain sebagai upaya untuk membantu mereka berada dalam situasi krisis; seperti misalnya korban kekerasan, atau sebagai bagian dari peristiwa yang layak diberitakan, atau menyangkut keselamatan seseorang.

Kami akan selalu menilai konteks dari konten yang dibagikan, dan pada kasus-kasus yang tadi disebutkan, kami mungkin mengizinkan foto atau video tersebut untuk tetap berada di layanan kami. Misalnya, kami akan mempertimbangkan jika foto tersebut tersedia untuk umum dan/atau telah diliput oleh media mainstream/tradisional (koran, saluran TV, situs berita online), atau jika foto dan Tweet tersebut memicu diskusi publik, dibagikan untuk kepentingan umum, atau relevan bagi komunitas.

Perasaan aman di Twitter berbeda untuk setiap orang, dan tim kami terus bekerja untuk memahami dan memenuhi kebutuhan ini. Kami tahu pekerjaan kami tidak akan pernah selesai, dan kami akan terus berinvestasi untuk membuat produk dan kebijakan kami menjadi lebih baik dan transparan guna menjaga kepercayaan orang-orang yang setia menggunakan layanan kami.

Tweet ini tidak tersedia
Tweet ini tidak tersedia.