Perusahaan

Memperkenalkan kebijakan Twitter tentang misinformasi saat krisis

Oleh
Senin, 23 Mei 2022

Orang-orang menggunakan Twitter untuk mencari informasi terpercaya secara real time, di mana pun mereka berada. Saat krisis sedang terjadi – seperti konflik militer, darurat kesehatan masyarakat, dan bencana alam berskala besar – akses informasi dari sumber yang resmi dan kredibel menjadi semakin penting.

Hari ini, kami memperkenalkan kebijakan baru tentang misinformasi saat terjadinya krisis  sebuah kebijakan global yang akan mengarahkan upaya kami dalam mengangkat informasi yang kredibel dan resmi, serta memastikan agar misinformasi yang viral tidak teramplifikasi lebih lanjut atau direkomendasikan oleh sistem Twitter saat krisis berlangsung. Saat krisis terjadi, informasi yang menyesatkan dapat merusak kepercayaan publik dan berpotensi menyebabkan bahaya terhadap komunitas yang sudah berada dalam keadaan rentan.  Bersamaan dengan usaha kami dalam membuka lebih banyak akses terhadap informasi terpercaya saat terjadinya krisis, pendekatan terbaru ini akan membatasi penyebaran konten-konten menyesatkan, terutama konten yang berpotensi membahayakan kepada pengguna.

Mengembangkan kebijakan

Berbagai tim di Twitter telah mengembangkan kerangka kebijakan tentang misinformasi saat krisis sejak tahun lalu, berdasarkan masukan penting dari para ahli dan organisasi hak asasi manusia dari berbagai belahan dunia. Sebagai bagian dari tujuan kebijakan ini, kami mendefinisikan krisis sebagai situasi di mana terdapat ancaman yang berdampak luas terhadap kehidupan, keselamatan fisik, kesehatan, atau kebutuhan dasar masyarakat. Definisi ini sejalan dengan definisi dari Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) terkait krisis kemanusiaan dan penilaian kemanusiaan lainnya.

Selanjutnya, sembari memperluas pendekatan kami terhadap isu-isu terkait krisis global, kami juga akan bekerja sesuai dengan kerangka tanggap darurat dari United Nations Inter-Agency Standing (IASC) dan kerangka kerja kemanusiaan global lainnya.

Mengatasi ancaman yang paling berbahaya

Dalam masa-masa krisis, menentukan apakah suatu informasi adalah benar atau salah memiliki tantangannya tersendiri. Untuk menentukan apakah suatu klaim dianggap menyesatkan; kami memerlukan verifikasi dari berbagai sumber kredibel yang tersedia secara umum, termasuk bukti dari kelompok pemantau konflik, organisasi kemanusiaan, penyelidik independen (open-source investigators), jurnalis, dan lainnya.

Percakapan akan berkembang secara cepat saat krisis terjadi, dan konten dari akun-akun dengan jangkauan luas kemungkinan besar akan mendapatkan banyak penonton dan interaksi . Untuk mengurangi potensi bahaya; segera setelah kami memiliki bukti jika suatu klaim berindikasi menyesatkan, kami tidak akan melakukan amplifikasi atau merekomendasikan suatu konten yang  yang termasuk dalam kebijakan ini di layanan Twitter – termasuk pada Linimasa, Pencarian, dan tab Jelajahi. Selain itu, kami akan memprioritaskan menambahkan notifikasi peringatan pada Tweet dengan visibilitas tinggi serta Tweet dari akun-akun penting, seperti akun media yang terafiliasi dengan negara dan akun resmi pemerintah yang terverifikasi.

Di bawah ini adalah contoh-contoh Tweet yang mungkin akan kami tambahkan notifikasi peringatan:

  • Liputan atau pelaporan peristiwa palsu, atau informasi yang bertentangan dengan kondisi di lapangan saat konflik tersebut berkembang;
  • Tuduhan palsu tentang penggunaan kekerasan, serangan terhadap kedaulatan teritorial, atau seputar penggunaan senjata;
  • Tuduhan yang terbukti salah atau menyesatkan tentang kejahatan perang atau kejahatan massal terhadap suatu populasi atau kelompok tertentu;
  • Informasi palsu mengenai tanggapan dari masyarakat dunia, sanksi, tindakan defensif, dan/atau operasi kemanusiaan.

Komentar yang tajam, upaya untuk menyanggah atau pemeriksaan fakta, dan anekdot pribadi atau akun pihak pertama (first-person accounts) tidak termasuk dalam cakupan kebijakan ini

Apa yang akan Anda lihat di Twitter 

Tweet dengan konten yang melanggar kebijakan tentang misinformasi saat krisis akan diberikan notifikasi seperti gambar di bawah ini:

Tweet ini tidak tersedia
Tweet ini tidak tersedia.

Pengguna Twitter akan diminta untuk mengklik notifikasi peringatan tersebut untuk dapat mengakses Tweet, dan konten tersebut tidak akan diamplifikasi atau direkomendasikan lebih jauh di seluruh layanan. Selain itu; Like, Retweet dan Share akan dinonaktifkan, serta peringatan tersebut akan mengarahkan pengguna ke informasi lebih lanjut mengenai pendekatan Twitter terhadap misinformasi saat krisis.

Moderasi konten lebih dari sekedar membiarkan atau menghapus konten, dan kami telah memperluas cakupan tindakan yang dapat diambil untuk memastikan tindakan tersebut sesuai dengan tingkat potensi bahaya. Kami menemukan, bahwa tidak mengamplifikasi atau merekomendasikan konten tertentu, menambahkan konteks melalui label, dan khusus untuk kasus yang berat, menonaktifkan interaksi Tweet adalah cara efektif untuk mengurangi potensi bahaya; namun tetap mempertahankan percakapan dan catatan peristiwa krisis dunia tersebut. 

Sementara iterasi awal akan  difokuskan pada konflik bersenjata internasional, dimulai dengan perang di Ukraina, kami berencana untuk terus memperbarui dan memperluas kebijakan untuk juga memasukkan konflik-konflik serupa. Kebijakan ini akan melengkapi usaha yang telah kami lakukan saat terjadinya berbagai krisis dunia lainnya, seperti yang sedang terjadi di Afganistan, Etiopia, dan India

Anda dapat membaca lebih lanjut kebijakan Twitter tentang misinformasi saat krisis di pusat bantuan Twitter.

Tweet ini tidak tersedia
Tweet ini tidak tersedia.