Perusahaan

Twitter rayakan #perempuanmasakini dengan kampanye #sheinspiresme

Oleh
Selasa, 8 Maret 2022

Dalam rangka merayakan #HariPerempuanInternasional2022, Twitter kembali menggelar kampanye #SheInspiresMe di Asia Tenggara untuk menyoroti #PerempuanMasaKini berpengaruh yang terus mematahkan bias, menyuarakan pendapat, dan saling menginspirasi di komunitas mereka. #HariPerempuanInternasional2022 adalah ajang global perayaan keberhasilan perempuan di bidang sosial, ekonomi, budaya, dan politik yang  bertujuan untuk mewujudkan kesetaraan gender di dunia. 

Twitter adalah tempat orang-orang bergabung dalam percakapan mengenai berbagai topik mulai dari NFT, musik, olahraga, dan lainnya. Bahkan saat ini, perempuan terus menggunakan Twitter untuk mendorong percakapan terkait topik-topik penting seperti misalnya kesetaraan gender di tempat kerja dan di masyarakat. #PerempuanMasaKini berkontribusi, membentuk budaya, dan memimpin berbagai momen penting di Twitter, dan untuk memulai kampanye ini, Twitter akan menyoroti para perempuan yang menginspirasi dan memberdayakan perempuan lain yang memiliki pemikiran yang sama di komunitas mereka.

Tweet ini tidak tersedia
Tweet ini tidak tersedia.

Dari konten kreator, penulis, musisi hingga ilmuwan konservasi, berikut adalah Daftar Twitter yang berisikan #PerempuanMasaKini di Indonesia yang mungkin dapat menginspirasi Anda:

Tweet ini tidak tersedia
Tweet ini tidak tersedia.

Dita Wistarini Yolashasanti (@ditut) -Kreator Konten Digital

Tweet ini tidak tersedia
Tweet ini tidak tersedia.

Dikenal sebagai seorang early-adopter dalam mencoba hal-hal baru dan aktif di dunia seni, Dita telah membangun komunitasnya sejak awal era media sosial di 2007. Memiliki minat yang beragam mulai dari food photography, cake decorating, menenun busana dengan prinsip sustainable fashion, hingga dunia digital fashion; Dita terus melebarkan hobinya di dunia kreatif dan selalu menjadi trendsetter.

"Penting bagi #PerempuanMasaKini untuk memiliki library of hobbies, yang akan menghindari kita dari fase kejenuhan dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Minat yang dijalankan dengan serius hingga mencapai prestasi tertentu akan memberikan nilai dalam hidup dan menambah produktivitas secara positif. Dengan menggunakan Twitter, saya bisa terus berbagi mengenai minat di dunia seni serta hasil kreasi bahkan sejak platform ini baru diluncurkan di Indonesia. Selain itu, dengan konsistensi berbagi mengenai apa yang menjadi ketertarikan saya, saya turut mempertahankan interaksi dengan komunitas yang saya bangun, bahkan setelah sudah tidak menetap di Indonesia sekarang"

Kecintaannya terhadap seni dapat terus dilihat dari karya-karya yang dibagi di akunnya yang kerap mendapatkan apresiasi dari komunitas pecinta seni di Twitter.

Tweet ini tidak tersedia
Tweet ini tidak tersedia.

Disya Arinda (@disyaarinda) - Psikolog Klinis

Tweet ini tidak tersedia
Tweet ini tidak tersedia.

Berprofesi sebagai psikolog klinis, Disya mendedikasikan diri untuk membantu orang lain dalam menghadapi berbagai tantangan dalam hidup. Caranya adalah dengan membimbing dan melatih klien untuk belajar mengenali kondisi, perasaan, dan membentuk perilaku serta mental yang positif. Ia juga kerap menjadi pembicara dengan mengangkat isu-isu terkait kesehatan mental.

Sebagai seorang Psikolog Klinis, saya paham bahwa perempuan juga memiliki kerentanan dalam mengalami isu psikologis. Bahkan ada beberapa masalah kesehatan mental yang hanya dialami oleh perempuan (misalnya: Pre-menstrual dysphoric disorder, hingga Postpartum Depression). Pengalaman ini mungkin menjadi tantangan, namun dapat diatasi bersama." 

"Semoga Hari Perempuan Internasional tidak hanya menjadi perayaan tahunan, namun juga sebagai pengingat dan penyemangat bagi #PerempuanMasaKini untuk terus menyuarakan hak-hak mereka dan apa saja yang dapat membuat mereka berdaya. Saya berharap para perempuan yang sedang memperjuangkan hak mereka dan yang sedang berupaya memulihkan kondisi psikisnya, sadar bahwa pertolongan ada di depan mereka. Semoga saya bisa menjadi salah satu pihak yang dapat memberikan dukungan psikis bagi yang membutuhkan.

Sejalan dengan profesi yang dijalani, Disya secara rutin membagikan ilmu dan pengetahuannya melalui Twitter disertai dengan visual yang menarik dengan tujuan semakin menyadarkan orang-orang mengenai pentingnya menjaga kesehatan mental untuk hidup yang lebih berkualitas.

Tweet ini tidak tersedia
Tweet ini tidak tersedia.

Kalis Mardiasih (@mardiasih) - Penulis dan Editor

Tweet ini tidak tersedia
Tweet ini tidak tersedia.

Sebagai seorang penulis dan editor di @akhirpekantiba, Kalis Mardiasih pernah menorehkan jejaknya sebagai orang yang paling berpengaruh di Twitter versi Drone Emprit saat isu RUU PKS (kini TPKS) berlangsung. Hingga ini, Kalis terus menyuarakan pesan-pesan kesetaraan gender yang ia tuangkan dalam tiga buku dengan topik utama perempuan dari kacamata agama Islam. 

Salah satu tantangan yang masih harus dihadapi oleh #PerempuanMasaKini adalah kurangnya keterlibatan perempuan dalam wacana intelektual dan kebijakan, baik sektor pemerintah maupun sektor swasta. Oleh karena itu, saya merasa terpanggil untuk menyuarakan berbagai pesan-pesan kesetaraan gender dan itu saya lakukan melalui platform Twitter.

Selain mempromosikan buku-buku yang ia tulis, Kalis menggunakan Twitter untuk terus menyuarakan isu-isu sosial yang dihadapi perempuan, karena menurut Kalis, Twitter masih menjadi platform utama untuk mendiskusikan isu-isu kesetaraan gender, baik oleh para ilmuwan, aktivis, pengusaha, hingga ibu rumah tangga.

Tweet ini tidak tersedia
Tweet ini tidak tersedia.

Sheherazade (@SheraGoesBoing) -  Peneliti Konservasi

Tweet ini tidak tersedia
Tweet ini tidak tersedia.

Menekuni bidang konservasi satwa liar selama tujuh tahun, Shera pernah menjadi bagian dari program Wildlife Conservation Society (WCS) Indonesia. Tidak hanya itu, sebagai spesialis ilmu konservasi pada tahun 2019 Shera sekaligus menjabat sebagai presiden Tambora Muda yang merupakan jaringan tingkat nasional untuk pemberdayaan dan peningkatan kapasitas para konservasionis muda Indonesia sejak tahun 2015. Selain itu, Shera juga merupakan salah satu pendiri dan manajer program PROGRES, lembaga non-profit lokal berbasis di Sulawesi Tengah yang bertujuan untuk mempromosikan konservasi lokal perlindungan spesies yang terabaikan dan terancam, seperti kelelawar, kuskus, dan kura-kura Forsteni. 

Menurut penelitian di berbagai bidang, mentorship adalah salah satu kunci untuk kesuksesan perempuan dan memastikan perempuan tetap berada di bidang yang dia senangi. Membangun ruang lingkup bagi perempuan untuk saling mendukung (empowered women empower other women): bagi yang sedang meniti karir secara profesional memperluas jejaring dan mencari mentor, perempuan dengan karir yang lebih senior dan memiliki interest yang sama; dan bagi yang sudah lebih senior, mencari mentee, perempuan yang sedang meniti karir untuk dibimbing secara informal.” 

Kepeduliannya terhadap satwa liar juga tercermin di akun Twitter-nya yang kerap mengingatkan pengikutnya untuk terus menjaga keberlangsungan satwa liar karena sejatinya kelanggengan hidup manusia dan satwa liar memiliki hubungan mutualisme yang perlu dipertahankan.

Tweet ini tidak tersedia
Tweet ini tidak tersedia.

Evi Mariani (@evimsofian) - Redaktur Senior, Direktur dan Co-founder Projectmultatuli.org

Tweet ini tidak tersedia
Tweet ini tidak tersedia.

Evi Mariani Sofian, atau Evi, adalah seorang redaktur senior yang telah lama malang-melintang di dunia jurnalisme Indonesia dan banyak memberikan “suara” bagi mereka yang membutuhkannya. Seorang wartawan senior, Evi Mariani memiliki pengalaman tidak hanya di indonesia, tetapi juga di Amerika Serikat saat terpilih menjadi salah satu penerima beasiswa Hubert Humphrey Fellowship pada tahun 2011 - 2012. Karya tulis jurnalistik beliau telah diterbitkan di berbagai media terkenal di Indonesia dan di luar negeri, seperti The Jakarta Post and The Guardian. Saat ini, beliau menjabat sebagai direktur dan co-founder dari Project Multatuli (@Projectm_org), sebuah inisiatif jurnalisme yang melayani publik dengan mengangkat suara-suara yang dipinggirkan, komunitas-komunitas yang diabaikan, dan isu-isu mendasar yang disisihkan. 

“Banyak perempuan sepanjang hidupnya akan pernah merasakan menjadi seseorang yang dicap ‘subversif’, atau semacam pemberontak, hanya karena kita bicara. Cap pemberontak, subversif, ini mungkin menakutkan buat kita karena kita akan mengalami serangan verbal dari orang-orang yang enggan berubah, orang-orang yang selama ini mendapatkan keuntungan dari ketidakadilan gender ini. Kita tidak bisa sendirian menghadapi ini. Carilah sekutu sebanyak-banyak dari berbagai kalangan, apapun gendernya, apapun kelas sosialnya. Perempuan selama ribuan tahun telah menjadi saksi perubahan-perubahan yang dipimpin oleh perempuan yang mendapatkan dukungan dari banyak orang. Perempuan muda harus memimpin perubahan ini, dengan sebanyak-banyaknya sekutu yang berderap "marching" bersama.”

Tweet ini tidak tersedia
Tweet ini tidak tersedia.

Jakarta Feminist (@jakartafeminist) -Organisasi Feminis di Jakarta

Tweet ini tidak tersedia
Tweet ini tidak tersedia.

Jakarta Feminist adalah sebuah perkumpulan lintas feminis Jakarta yang bertujuan mempromosikan nilai-nilai feminis untuk mencapai kesetaraan gender di Indonesia. Organisasi ini adalah pencetus gerakan Women’s March Jakarta (@womensmarchjkt) dan Cari Layanan (@carilayanan), sebuah direktori untuk korban-penyintas kekerasan berbasis gender. 

“Selalu akan ada orang di sekitarmu yang menyangkal pentingnya hak perempuan dan suara perempuan. Carilah komunitas dan sistem dukungan yang mampu mendukungmu selalu agar tidak lelah atau patah hati selama menghadapi orang seperti itu. Perjuangan kita panjang tapi worth it.”

Tweet ini tidak tersedia
Tweet ini tidak tersedia.

Setiap orang memiliki tokoh perempuan yang sangat mereka kagumi. Dengan Daftar Twitter, pengguna dapat tetap mengikuti percakapan idola mereka dan saling berbagi daftar sebagai referensi, sekaligus menyemangati para perempuan lain di komunitas. Untuk membuat Daftar Twitter, pengguna dapat mengunjungi panel navigasi di aplikasi Twitter dan klik Daftar pada ikon profil. Setelah membuat Daftar, sertakan deskripsi singkat mengenai daftar tersebut dan mulailah menambahkan akun ke dalamnya. 

Tweet ini tidak tersedia
Tweet ini tidak tersedia.

#SheInspiresMe adalah kampanye yang dapat diikuti oleh semua orang untuk saling berbagi inspirasi kepada orang lain selama bulan perayaan #HariPerempuanInternasional2022. Pastikan Anda mengikuti Daftar Twitter #HariPerempuanInternasional2022 untuk terhubung dengan #PerempuanMasaKini yang berkomitmen untuk terus memberdayakan orang lain.

Pengguna juga dapat berpartisipasi dalam kampanye ini dengan membuat Daftar Twitter berisikan perempuan-perempuan yang menginspirasi mereka.  Jangan lupa tag @TwitterID. Mari kita rayakan suara perempuan di Twitter di #HariPerempuanInternasional2022 ini.

Tweet ini tidak tersedia
Tweet ini tidak tersedia.