Perusahaan

Upaya berkelanjutan kami terhadap perang di Ukraina

Oleh
Rabu, 16 Maret 2022

Bersama dengan warga di dunia, kami berkabung dan merasa terpukul dengan invasi yang dilakukan Rusia terhadap Ukraina, serta krisis kemanusiaan yang terjadi di sana. Prioritas kami adalah untuk mendukung keselamatan orang-orang yang terdampak di manapun mereka berada, dan tim kami berusaha keras dalam mengupayakan hal tersebut.

Kami percaya bahwa ada tanggung jawab publik yang kami emban dalam situasi ini – terutama saat krisis terjadi – untuk secara proaktif menegakkan Peraturan Twitter, melindungi akses publik ke Twitter, meningkatkan informasi terpercaya dan dapat diandalkan, menjaga privasi dan keselamatan semua pihak dan orang-orang yang menggunakan layanan kami, serta memperkuat perlindungan dari berbagai upaya yang berpotensi untuk memanipulasi percakapan publik.

Selama beberapa minggu terakhir ini; masyarakat di Ukraina, Rusia, dan di seluruh dunia menggunakan Twitter untuk berbagi informasi penting secara real-time, mencari dukungan, terhubung satu sama lain, serta menyuarakan aspirasi mereka. Kami juga menyadari, bahwa penggunaan Twitter telah dibatasi untuk sebagian orang di Rusia. Seperti yang telah kami sampaikan sebelumnya; kami percaya bahwa kebebasan dan keterbukaan menggunakan internet merupakan hal yang penting, dan orang-orang di seluruh dunia sudah seharusnya memiliki akses yang sama dalam mendapatkan informasi. Kami menjalankan peran kolektif dan peran layanan kami dengan serius.

Berikut ini adalah informasi terkini terkait pendekatan yang kami gunakan dan informasi detail lainnya mengenai berbagai upaya yang kami lakukan.

Tweet ini tidak tersedia
Tweet ini tidak tersedia.
Tweet ini tidak tersedia.

Meningkatkan informasi yang dapat diandalkan
Mengingat peran penting algoritma terkait rekomendasi dan amplifikasi konten online, kami percaya bahwa moderasi konten perlu diperluas melampaui leave-up-take-down binary. Kami menggunakan dua pendekatan, yaitu:

  1. Jika konten terbukti melanggar Aturan Twitter, kami akan mengambil tindakan terhadap Tweet atau akun tersebut – termasuk juga penghapusan konten.
  2. Saat risiko terjadinya ancaman secara langsung dari sebuah Tweet yang tidak terlalu berbahaya, namun jika dibiarkan dapat menyesatkan masyarakat, kami akan berupaya untuk lebih fokus dalam mengurangi jangkauan Tweet tersebut, dan tidak secara proaktif menampilkan Tweet ke linimasa pengguna. Hal ini secara signifikan diharapkan dapat mengurangi visibilitas dan label akan memberikan konteks penting pada percakapan.

Dari Linimasa ke Jelajahi, kami mempermudah Anda untuk menemukan pembaruan dan informasi yang terpercaya serta meningkatkan keamanan.

  • Momen Twitter yang telah kami kurasi terkait perang di Ukraina membagikan berita terkini secara real-time dan tersedia dalam berbagai bahasa, dan sudah dilihat lebih dari 8.08 miliar kali. 
  • Pencarian dan Linimasa kami menampilkan sumber informasi penting perihal keselamatan dan keamanan digital dalam bahasa Inggris, Ukraina, dan Rusia.
  • Halaman informasi khusus kami tersedia dalam 12 bahasa dan telah tersedia di lebih dari 67 negara – kami terus berupaya mengembangkan fitur ini.
  • Kami hadirkan Topik untuk membantu warga dalam mendapatkan informasi langsung di Linimasa, serta Daftar Twitter yang juga menampilkan berita dari berbagai sumber terpercaya.
  • Untuk para pengguna Twitter di Ukraina dan Rusia, kami menghentikan sementara pemberian  rekomendasi Tweet dari orang-orang yang tidak diikuti di Linimasa guna mengurangi risiko penyebaran konten yang tidak sehat. 
  • Selain itu, kami sedang memperkuat langkah-langkah keamanan dan mencegah penyalahgunaan informasi di Twitter melalui Topik, Daftar, serta Spaces –  langkah ini penting untuk kami lakukan agar fitur-fitur ini dapat selalu diandalkan dan dipercaya oleh para pengguna.
Tweet ini tidak tersedia
Tweet ini tidak tersedia.

Pendekatan kami terhadap media yang berafiliasi dengan negara

Tweet ini tidak tersedia
Tweet ini tidak tersedia.
Tweet ini tidak tersedia.

Sejak tahun 2020, kami tidak merekomendasikan atau mengamplifikasi akun-akun media yang berafiliasi dengan negara dan telah menambahkan label, termasuk kepada entitas yang terkait dengan Rusia. Bulan lalu, kami memperluas pendekatan kami dengan menambahkan label ke Tweet yang telah membagikan tautan ke situs media yang berafiliasi dengan Pemerintah Rusia. Sebagian besar konten dari media yang berafiliasi dengan negara berasal dari pembagian tautan ini, dan bukan hanya dari akun yang kami beri label sebagai media yang berafiliasi dengan negara.

Sejak 28 Februari, kami telah memberikan label kepada lebih dari 61,000 Tweet unik dalam kategori yang telah diperluas. Seperti yang telah disebutkan di atas dan sesuai dengan standar label kami, Tweet tersebut tidak memenuhi syarat untuk amplifikasi, yang berarti tidak direkomendasikan untuk muncul di linimasa, notifikasi, dan bagian lain di dalam Twitter. Intervensi kami telah membuat perbedaan, yang berkontribusi pada 30% pengurangan jangkauan konten semacam ini.

Saat ini kami mulai menambahkan label ke berbagai akun media yang terafiliasi dengan Belarus. Kami juga memberikan label kepada satu akun media yang berafiliasi di Ukraina. Ketika konflik – dan percakapan online – semakin bergulir, kami ingin memberikan konteks kepada para pengguna, dan memungkinkan mereka menerima informasi yang cukup di Twitter. Kami percaya bahwa masyarakat berhak mengetahui ketika suatu akun media terafiliasi dengan aktor negara.

Selama konflik berlangsung, menyediakan akses informasi yang terpercaya dan dapat diandalkan, serta menyoroti akun-akun yang dikendalikan oleh negara yang terlibat pada sebuah konflik atau perang merupakan hal yang penting. Untuk menjalankan misi ini, kami akan menerapkan label pemerintah dan media yang berafiliasi dengan negara kepada negara-negara yang terlibat dalam konflik tersebut, juga ke jajaran negara yang sudah terdaftar di sistem kami. Aturan ini akan membantu kami untuk memastikan penambahan konteks ke percakapan tentang konflik global dilakukan secara adil. Kami bermaksud untuk memperluas pendekatan kami dengan memberikan label kepada lebih banyak negara dari waktu ke waktu.

Sanksi Uni Eropa (UE) yang baru-baru ini diumumkan yang mengikat secara hukum, mewajibkan kami menahan konten media tertentu yang berafiliasi dengan negara-negara anggota UE, dan kami akan mematuhi persyaratan ini. Pendekatan global kami di luar UE akan terus berfokus pada de-amplifikasi jenis konten media yang berafiliasi dengan negara di seluruh layanan kami dan menyediakan konteks penting melalui label.

Tweet ini tidak tersedia
Tweet ini tidak tersedia.

Pendekatan kami terhadap akun-akun pemerintah
Kami melabeli akun pemerintah yang memenuhi syarat untuk memberikan konteks tambahan. Minggu ini, kami akan meluncurkan label akun pemerintah ke akun-akun pemerintah Ukraina.

Tweet ini tidak tersedia
Tweet ini tidak tersedia.

Tentang perluasan penegakan aturan
Seperti yang kami terapkan pada sebagian besar momen-momen global, tim integritas dan keamanan kami memantau potensi risiko secara aktif. Kami mengenali beberapa akun high-profile, termasuk jurnalis (terutama jurnalis perempuan), aktivis, lembaga negara, dan pejabat pemerintah yang rentan mendapat kecaman.

Kami berupaya melakukan mitigasi terhadap berbagai upaya pengambilalihan atau manipulasi akun dan telah menyediakan informasi tentang keamanan akun dalam bahasa Inggris, Ukraina, dan Rusia. Kami juga bekerjasama dengan para mitra dari berbagai belahan dunia, termasuk anggota Trust & Safety Council, untuk mengidentifikasi dan menangani permintaan mendesak dalam mendukung kebutuhan para jurnalis, aktivis, dan pihak-pihak lain yang membutuhkan bantuan.

Kami secara aktif terus menilai perilaku tidak autentik dan pelanggaran lainnya berdasarkan aturan kami. Sejak perang Ukraina dimulai, kami telah menghapus lebih dari 75.000 akun yang melanggar kebijakan kami terkait manipulasi platform dan spam. Akun-akun ini memperlihatkan berbagai upaya untuk memanipulasi layanan – termasuk spam oportunistik, motivasi finansial – dan saat ini kami sedang memastikan akun tersebut tengah mewakili kampanye spesifik dan terkoordinasi dengan aktor pemerintah.

Kami juga melihat adanya peningkatan substansial pada jumlah media yang dibagikan dengan unsur manipulasi, menyesatkan, ataupun konteks yang tidak akurat; termasuk video-video konflik dari peristiwa terdahulu yang dibagikan seolah-olah peristiwa tersebut terjadi di Ukraina saat ini. Sejalan dengan kebijakan tentang media sintetis dan manipulasi kami, kami telah memberikan label atau menghapus lebih dari 50.000 konten yang melanggar kebijakan tersebut.

Tim kami bekerja secara proaktif untuk  memantau pelanggaran terhadap kebijakan perilaku kebencian kami yang melarang promosi kekerasan, dan akan terus mengambil tindakan penegakan terhadap akun-akun atau Tweet yang menargetkan orang berdasarkan kebangsaan mereka dan kelompok lainnya saat munculnya narasi baru. Sejalan dengan kebijakan kami tentang perilaku yang bersifat menghina, khususnya terkait penolakan terhadap peristiwa kasar,  kami telah mengambil tindakan penegakan pada banyak akun yang menyangkal atau membagikan klaim menyesatkan tentang tindakan kekerasan dan mereka yang terkena dampak selama perang.

Transparansi adalah bagian penting dalam pekerjaan kami. Dalam beberapa bulan mendatang, kami akan merilis kumpulan data tentang konflik ini ke Twitter Moderation Research Consortium (TMRC) untuk analisis lebih lanjut.

Tweet ini tidak tersedia
Tweet ini tidak tersedia.

Pendekatan kami terhadap monetisasi

Tweet ini tidak tersedia
Tweet ini tidak tersedia.
Tweet ini tidak tersedia.

Sejak minggu 21 Februari 2022, kami telah menjeda kegiatan periklanan di Ukraina dan Rusia untuk memprioritaskan penyebaran informasi kritikal yang terkait dengan keselamatan publik, dan iklan tidak mengurangi kualitas percakapan di Twitter.

Konten yang mendiskusikan atau fokus pada perang, atau yang dianggap sebagai konten yang menyesatkan berdasarkan Peraturan Twitter, tidak memenuhi syarat untuk dapat melakukan monetisasi. Kami juga telah melakukan demonetisasi terhadap penggunaan kata kunci di bagian Jelajahi terkait dengan perang untuk mencegah iklan muncul di halaman hasil penelusuran terkait kata-kata tertentu.

Penting untuk diingat, bahwa sejak tahun 2017 kami telah melarang iklan dari semua akun yang dimiliki oleh Russia Today (RT) dan Sputnik, dan mendonasikan keuntungan kepada organisasi masyarakat sipil yang fokus terhadap literasi digital, informasi yang menyesatkan, serta integritas dalam pemilu. Pada tahun 2019, kami juga telah melarang semua iklan dari media yang terafiliasi dengan negara dan iklan politik.

Mendukung komunitas yang terdampak
Kami terus melibatkan dan mendukung organisasi kemanusiaan di lapangan. Melalui kampanye donasi untuk karyawan Twitter, kami menyalurkan donasi ke organisasi-organisasi yang diakui telah secara langsung mendukung pengungsi Ukraina, mencocokkan semua donasi, dan memberikan kontribusi langsung ke para organisasi yang menjadi mitra kami.

Kami juga menyediakan donasi produk bernilai tinggi dan hibah Ads for Good untuk membantu mengamplifikasi usaha-usaha kritikal dari para organisasi ini dan memperkuat pesan mereka di Twitter. Sejauh ini, kampanye-kampanye terkait telah mencapai lebih dari 117.463.000 impressions di Twitter.

Langkah selanjutnya
Seiring dengan berkembangnya situasi di Ukraina; kami akan terus menjalankan pendekatan kami, dengan berfokus pada pengurangan potensi yang berbahaya dan menampilkan informasi yang dapat diandalkan. Ikuti @TwitterSupport, @TwitterSafety, dan @Policy untuk mengetahui pembaruan kebijakan Twitter secara real-time dari tim kami.

Tweet ini tidak tersedia
Tweet ini tidak tersedia.