Acara

#RameDiTwitter 2018: tahun kebangkitan konten di Indonesia

Oleh
Rabu, 5 Desember 2018

Tahun 2018 menjadi tahun kebangkitan konten di Twitter di Indonesia. Sebagai platform live dan conversational, masyarakat menggunakan Twitter untuk mencari informasi secara real time serta berpartisipasi dalam beragam topik percakapan yang terjadi di linimasa; mulai dari destinasi wisata, olahraga, hiburan, politik, dan lain sebagainya.

Dari momen berskala global atau regional seperti #WorldCup dan #AsianGames2018, hingga yang berskala nasional seperti #JumatBerkah dan #Dilan1990; Twitter mewakili keberagaman ketertarikan pengguna di Indonesia — menjadikan platform ini sebagai tempat untuk melihat beragam hal yang #RameDiTwitter dari berbagai sisi.

Tweet ini tidak tersedia
Tweet ini tidak tersedia.

10 Tagar yang #RameDiTwitter di Indonesia

Berbagai momen telah terjadi selama 2018 dan meliputi berita terkini, politik, hiburan, musik dan olahraga. Tweet menghubungkan Anda dengan berbagai opini / ide, dan memungkinkan Anda ambil bagian dalam sebuah percakapan global secara real time. Inilah 10 tagar terpopuler yang paling banyak digunakan oleh pengguna di Indonesia tahun ini.

Tweet ini tidak tersedia
Tweet ini tidak tersedia.

10 Akun di Indonesia yang paling #RameDiTwitter

Di tahun 2018, masyarakat Indonesia menunjukkan ketertarikan yang sangat beragam. Hal ini terlihat dari beragam akun yang sering dibicarakan di linimasa. Presiden Joko Widodo (@jokowi) berada di peringkat pertama; disusul oleh Fiersa Besari @FiersaBesari, Firgiawan Ramaulana (@seterahdeh), Prabowo Subianto (@prabowo) dan Bayu Joo (@bayu-joo). 

Tweet ini tidak tersedia
Tweet ini tidak tersedia.

Top Tweet 2018

Twitter memungkinkan pengguna menarik perhatian pengikut mereka serta menuangkan ide dan gagasan yang unik antara satu dengan yang lainnya. Berikut ini adalah Tweet dengan jumlah Retweet terbanyak tahun ini.

Tweet ini tidak tersedia
Tweet ini tidak tersedia.

10 Akun Hiburan dan Film Indonesia yang #RameDiTwitter

Ketika berbicara tentang selebriti (musisi, aktor/aktris) dan daftar film populer di Indonesia, Twitter adalah salah satu platform utama yang digunakan penggemar untuk dapat terhubung langsung dengan idola mereka dan begitu pula sebaliknya. Tak heran, akun seperti @Agnezmo dan @officialJKT48 selalu ramai dibicarakan karena berhasil menghubungkan basis penggemar yang besar. Linimasa Twitter sempat ramai oleh percakapan seputar film Dilan 1990 melalui tagar #Dilan1990 yang bertahan di trending topic Indonesia selama filmnya tayang di bioskop.

Tweet ini tidak tersedia
Tweet ini tidak tersedia.

Kpop di Twitter

Twitter telah menjadi platform penting bagi para fans grup KPop untuk lebih terhubung dengan idolanya serta bertukar informasi dengan komunitas fans lokal dan global. Tahun 2018 menjadi tahun kejayaan KPop di Twitter. Banyak grup KPop yang melakukan penampilan comeback tahun ini setelah sekian lamanya dan melakukan berbagai aktivasi di Twitter.

Jajaran 5 besar akun KPop yang paling banyak dibicarakan oleh pengguna di Indonesia adalah akun @BTS_twt@weareoneEXO@NCTsmtown@pledis_17, dan @BigHitEnt. Sedangkan, jajaran 5 besar tagar yang paling banyak digunakan adalah #BTS, #EXO, #NCT, #JIMIN dan #GOT7.

 

Tweet ini tidak tersedia
Tweet ini tidak tersedia.

10 Akun, Tagar Olahraga dan Atlet yang #RameDiTwitter

Tahun 2018 menjadi tahun istimewa bagi para penggemar olahraga di Indonesia. Hal ini dikarenakan adanya dua ajang olahraga terbesar yang diselenggarakan, yaitu Piala Dunia FIFA 2018 dan Asian Games 2018 dengan Indonesia sebagai tuan rumah. Twitter menjadi saksi dari momen bersatunya pengguna Twitter Indonesia dalam mendukung atlet kebanggaan dan olahraga favorit mereka. Kemenangan tim dan atlet Indonesia sekaligus kebanggaan pada Indonesia sebagai tuan rumah pun dirayakan dengan suka cita di linimasa Twitter melalui tagar-tagar seperti #WorldCup dan #AsianGames2018.

Akun-akun olahraga yang informatif pun mendapatkan banyak perhatian seperti halnya @BadmintonTalk dan @MafiaWasit yang menempati posisi teratas sebagai akun olahraga yang paling banyak dibicarakan. Selain itu, dukungan untuk klub sepak bola favorit juga tidak pernah berhenti ditunjukkan oleh para suporter sepanjang tahun ini. Hal ini terlihat dari tagar-tagar seperti #PersijaDay, #PersibDay, atau #TimnasDay yang seringkali muncul pada trending topic Indonesia.

 

Tweet ini tidak tersedia
Tweet ini tidak tersedia.

10 Akun Politisi / Pejabat Negara dan Partai Politik yang #RameDiTwitter

Sebagai platform publik, Twitter banyak digunakan oleh pengguna Indonesia untuk mengikuti perkembangan politik dalam negeri dari berbagai sisi dan sudut pandang. Berikut ini adalah politisi / pejabat negara dan partai politik di Indonesia yang banyak dibicarakan di linimasa tahun ini.

Tweet ini tidak tersedia
Tweet ini tidak tersedia.

10 Brand dengan Engagement Terbaik

Sebagai platform yang bersifat real time, Twitter adalah tempat terbaik bagi brand untuk terhubung dengan konsumen dan begitu pula sebaliknya. Untuk tahun ini; Bank Negara Indonesia (@BNI) berada di posisi pertama disusul oleh Grab Indonesia (GrabID), Shopee (@ShopeeID), Samsung Indonesia (@samsungID) dan Bank Mandiri (@bankmandiri). 

Tweet ini tidak tersedia
Tweet ini tidak tersedia.

Tweet ini tidak tersedia
Tweet ini tidak tersedia.