Wawasan

#RameDiTwitter 2019: kilas balik yang populer di Twitter tahun ini

Oleh
Selasa, 10 Desember 2019

Twitter adalah apa yang sedang terjadi dan apa yang sedang dibicarakan masyarakat secara real-time. Tahun 2019 menjadi momen penting bagi Twitter di Indonesia, yang ditandai dengan semakin ramai dan serunya percakapan yang terjadi di linimasa. Dengan sifatnya yang conversational, masyarakat menggunakan Twitter untuk mencari dan berpartisipasi dalam beragam topik yang ada. 

Dengan Twitter, masyarakat juga bisa mengekspresikan diri, opini dan menjadi diri sendiri. Tidak heran, Twitter kembali diramaikan dengan masyarakat yang kembali ke platform ini dengan percakapan di linimasa; mulai dari olahraga, hiburan, politik, dan sebagainya. Dari cerita horor #KKNDesaPenari, kepergian salah satu superhero kesayangan di film #AvengersEndGame, dukungan untuk tim nasional sepakbola melalui #TimnasDay, hingga momen #Pemilu2019; berbagai cerita meramaikan linimasa Twitter di Indonesia tahun ini.

Mari kita lihat kembali apa saja yang ramai dibicarakan di Twitter di Indonesia tahun ini.

Tweet ini tidak tersedia
Tweet ini tidak tersedia.

10 Tagar yang paling #RameDiTwitter di Indonesia
Tweet menghubungkan masyarakat dengan berbagai opini, ide, dan memungkinkan mereka ambil bagian dalam sebuah percakapan global secara real time. Simbol tagar (#) yang diperkenalkan 12 tahun lalu oleh Chris Messina (@chrismessina) membantu mengelompokkan setiap percakapan di Twitter dan memudahkan kita mendapatkan informasi terkini yang terkait dengan suatu topik. Inilah 10 tagar terpopuler digunakan masyarakat Indonesia tahun ini.
 

Tweet ini tidak tersedia
Tweet ini tidak tersedia.

10 Akun Indonesia yang paling #RameDiTwitter 
Dengan dilaksanakannya #Pemilu2019 pada bulan April lalu, tak mengherankan jika akun Presiden Joko Widodo (@jokowi), Prabowo Subianto (@prabowo), serta Sandiaga Salahuddin Uno (@sandiuno) masuk ke dalam 5 peringkat teratas akun yang banyak dibicarakan oleh masyarakat Indonesia di Twitter. Namun masih kurang lebih sama seperti tahun sebelumnya; akun-akun dengan konten seru dan lucu seperti milik Andi Hiyat (@andihiyat), Fiersa Besari (@FiersaBesari), dan Bayu Joo (@bayu_joo) juga masuk ke dalam jajaran 10 besar tahun ini.

Tweet ini tidak tersedia
Tweet ini tidak tersedia.

Tweet dengan Retweet terbanyak
Dengan karakternya yang publik, Twitter memungkinkan masyarakat berkomentar atau membagikan cerita secara langsung terhadap apa yang sedang terjadi di sekitar kita. Di tahun 2019, beragam Tweet yang membahas isu nasional turut menarik perhatian masyarakat Indonesia di Twitter. Tweet Najwa Shihab (@NajwaShihab) berikut ini menjadi Tweet dengan Retweet terbanyak tahun ini.

Tweet ini tidak tersedia
Tweet ini tidak tersedia.
Tweet ini tidak tersedia.

Tweet dengan Likes terbanyak
Tweet dari Erlangga Greschinov (@Greschinov) berikut ini menjadi Tweet dengan Likes terbanyak tahun ini. Hingga saat ini; Tweet ini sudah mendapatkan Likes lebih dari 125.700 kali. 

Tweet ini tidak tersedia
Tweet ini tidak tersedia.
Tweet ini tidak tersedia.

Akun dan tagar hiburan yang #RameDiTwitter 
Twitter adalah tempat yang tepat untuk mencari berbagai informasi hiburan terkini seperti film baru, lagu yang baru diluncurkan oleh seorang penyanyi, hingga berita selebriti. Jika bingung ingin menonton apa malam atau weekend ini, akun seperti @cenayangfilm dan @watchmenid dapat menjadi tempat yang bagus untuk memulai. Mereka memberikan beragam rekomendasi film atau serial dalam dan luar negeri yang menarik untuk ditonton.

Menggunakan tagar juga merupakan salah satu cara terbaik untuk mendapatkan informasi secara cepat. Di tahun 2019 ini, tagar #agnezmo, #avengersendgame, dan #gameofthrones menjadi tiga tagar hiburan yang paling banyak digunakan oleh warganet di Tanah Air. Tagar-tagar dari Tanah Air seperti #Gundala dan  #SobatAmbyar juga banyak digunakan tahun ini.

Tweet ini tidak tersedia
Tweet ini tidak tersedia.

#KpopTwitter 2019 di Indonesia
Demam #KPop di Indonesia seakan tak pernah surut. Para penggemar #KPop menggunakan Twitter untuk mendapatkan informasi terkini terkait peluncuran album baru grup idola mereka, jadwal konser, dan saling terhubung dengan penggemar lainnya. Tidak hanya itu, Twitter telah menjadi wadah bagi penggemar dari berbagai belahan dunia untuk dapat terhubung dan saling berkomunikasi melalui akun fandom maupun tagar.

Berita comeback, peluncuran album baru, penampilan internasional, dan juga kunjungan ke Indonesia; #KPop masih mendominasi percakapan di linimasa Twitter di Indonesia tahun ini. BTS (@BTS_twt), EXO (@weareoneEXO), Seventeen (@pledis_17), Tomorrow X Together (@txt_members), dan NCT 127 (@nctsmtown_127) menduduki lima peringkat teratas sebagai grup KPop yang paling banyak dibicarakan di Indonesia tahun ini. Sementara itu, lima tagar yang paling banyak digunakan di Indonesia adalah #BTS, #EXO, #NCT, #Seventeen, dan #TeamEXO.

Tweet ini tidak tersedia
Tweet ini tidak tersedia.

Akun dan tagar olahraga yang #RameDiTwitter
Dari ajang bulu tangkis Indonesia Open 2019, #SEAGames2019 di Filipina dan pertandingan sepak bola nasional Shopee Liga 1; para penggemar olahraga membicarakannya di Twitter. Selain mencari informasi terkait jadwal tanding, pemenang pertandingan dan lain-lain, penggemar juga berikan dukungan kepada para atlet dalam negeri atau pemain favoritnya di Twitter.

Bagi yang tidak sempat menyaksikan pertandingan, mereka dapat mengunjungi akun @BadmintonTalk untuk melihat skor terbaru dan juga tim/pemain yang lolos ke babak berikutnya. Akun @MafiaWasit juga melakukan edukasi mengenai aturan yang berlaku dan mengajak para pengikutnya berdiskusi di Twitter. Sepakbola juga masih mendominasi percakapan di linimasa tahun. Hal ini dapat dilihat dari beberapa tagar yang tahun ini masih terus menghiasi linimasa Twitter di Indonesia; seperti: #MUFC, #HalaMadrid, #TimnasDay, dan #UCL.

Tweet ini tidak tersedia
Tweet ini tidak tersedia.

Politisi dan akun partai politik yang #RameDiTwitter
Di tahun 2019, Twitter menjadi saksi perjalanan politik di Indonesia. Untuk pertama kalinya dalam sejarah Pemilu Indonesia; pemilih tidak hanya memilih presiden dan wakil presiden, tapi juga anggota legislatif; menjadikannya Pemilu satu hari terbesar di dunia. Berikut ini adalah daftar politisi/pejabat negara serta partai politik yang banyak dibicarakan di Twitter tahun ini. Presiden Joko Widodo juga menduduki peringkat nomor dua sebagai politisi/kepala negara yang paling banyak dibicarakan di kawasan Asia Pasifik.

Tweet ini tidak tersedia
Tweet ini tidak tersedia.

10 Emoji terpopuler
Emoji menjadi cara lain untuk mengekspresikan diri atau saling terhubung di Twitter. Berikut ini adalah emoji terpopuler yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia di Twitter tahun ini.

Tweet ini tidak tersedia
Tweet ini tidak tersedia.

Dengan karakternya yang publik, Twitter memungkinkan masyarakat berkomentar atau membagikan cerita secara langsung terhadap apa yang sedang terjadi di sekitar kita. Berikut ini adalah kumpulan Tweet populer yang #RameDiTwitter tahun ini.

Tweet ini tidak tersedia
Tweet ini tidak tersedia.