Wawasan

#RameDiTwitter2020: Twitter sebagai Tempat untuk saling Terhubung

Oleh
Selasa, 8 Desember 2020

Rasanya tidak cukup untuk mendeskripsikan tahun ini hanya dengan satu atau dua kata, mengingat banyaknya peristiwa yang terjadi. Beradaptasi dengan kebiasaan baru, seperti: beraktivitas di rumah, menggunakan masker, dan pembatasan sosial merupakan perubahan yang paling terasa bagi semua orang di dunia. Dengan perubahan yang signifikan ini; orang-orang datang ke Twitter untuk tetap terhubung satu sama lain, mencari informasi terkini, berbagi inspirasi, berkontribusi, atau hanya sekedar berbagi canda dan tawa yang mungkin bisa membantu menghadapi tahun yang penuh tantangan ini.

Rasa syukur dan banyaknya dukungan kepada sesama juga terasa di Twitter tahun ini. Tweet yang mengekspresikan rasa syukur atau terima kasih meningkat sebanyak 20% secara global; seperti misalnya ucapan terima kasih kepada tenaga kesehatan (meningkat 135%), guru (meningkat 30%), dan pekerja garda terdepan COVID-19 lainnya.

Baik itu untuk terus mengikuti informasi terkini tentang berbagai peristiwa global, berpartisipasi dalam gerakan sosial, atau untuk berbagi inspirasi; tahun ini Twitter benar-benar menjadi tempat berkumpulnya masyarakat Indonesia untuk saling terhubung satu sama lain. Mendekati penghujung tahun, berikut ini adalah rangkuman dari apa dan siapa saja yang #RameDiTwitter tahun ini.

Tweet ini tidak tersedia
Tweet ini tidak tersedia.

Tweet terpopuler di Indonesia
Di tengah pandemi, Twitter menjadi tempat bagi banyak orang untuk berbagi, komentar sosial dengan kemasan yang lucu, hingga pesan dari artis K-Pop yang menyapa fansnya dalam bahasa Indonesia. Keberagaman topik di Twitter terus menjadi alasan mengapa platform ini menjadi tempat di mana diskusi menarik terjadi secara real time. Berikut ini adalah Tweet dengan engagement tertinggi di Indonesia tahun ini.

Tweet ini tidak tersedia
Tweet ini tidak tersedia.
Tweet ini tidak tersedia.
Tweet ini tidak tersedia.
Tweet ini tidak tersedia.

Tweet populer lainnya yang mempersatukan warganet
Dari Tweet mengenai informasi terkini mengenai COVID-19, kisah horor namun menghibur, curhatan publik figur, sampai konten edukatif; Twitter menjadi tempat berkumpul masyarakat Indonesia dalam berbagi dukungan, simpati, opini serius, atau sekadar hiburan ringan.

Tweet ini tidak tersedia
Tweet ini tidak tersedia.

Tagar yang #RameDiTwitter
Tidak mengherankan jika #COVID19 dan #dirumahaja masuk sebagai tagar yang banyak digunakan di Twitter tahun ini. Orang banyak berbagi tentang informasi kesehatan, mengajak untuk berdiam di rumah dulu dan membatasi mobilitas, sekaligus edukasi tentang #COVID19. Tagar #COVID19 (serta berbagai tagar terkait lainnya) sudah di-Tweet sebanyak 400 juta kali secara global. #gagalkanomnibuslaw (beserta beberapa tagar terkait lainnya) menjadi tagar yang paling banyak dibicarakan di Twitter dan dikenal sebagai gerakan sosial untuk membatalkan disahkannya Omnibus Law.

Tweet ini tidak tersedia
Tweet ini tidak tersedia.

Akun yang #RameDiTwitter
Konsisten dibicarakan oleh warganet, Fiersa Besari (@fiersabesari), Andi Hiyat (@andihiyat), dan Raden Rauf (@radenrauf) kembali masuk ke dalam jajaran 10 akun yang banyak dibicarakan tahun ini. 10 akun yang #RameDiTwitter tahun ini juga kedatangan beberapa pendatang baru: Jerome Polin (@jeromepolin), Nadhifa Tsana (@ntsana_), dan Takdir Alisyahbana Ridwan (@jek___) 👋 

Tweet ini tidak tersedia
Tweet ini tidak tersedia.

Tenaga kesehatan yang banyak dibicarakan di Indonesia
Di tengah pandemi ini; jajaran dokter dan tenaga kesehatan menggunakan Twitter sebagai tempat untuk berbagi informasi kredibel, sekaligus meluruskan beragam informasi yang kurang tepat terkait COVID-19. Frasa terkait dengan tenaga kesehatan di-Tweet sebanyak 17 juta kali secara global tahun ini.

Mulai dari (@jiemiardian) dr. Gia Pratama (@GiaPratamaMD), dr. Andi Khomeini Takdir (@dr_koko28), dr. Shela Sundawa (@oxfara), dan dr. Ferdiriva Hamzah (@ferdiriva), mereka aktif menggunakan Twitter untuk membahas tentang berbagai macam isu kesehatan, hingga berbagi tips dan pesan-pesan positif untuk mendukung mereka yang memang membutuhkan bantuan.

Tweet ini tidak tersedia
Tweet ini tidak tersedia.

Akun dan tagar hiburan yang #RameDiTwitter
Himbauan untuk tetap #dirumahaja meningkatkan konsumsi konten hiburan seperti film, drama Korea, hingga musik. Tak heran jika akun K-Drama Indo (@k_dramaindo) dan Info Drakor ID (@infodrakor_id) menduduki peringkat pertama dan kedua sebagai akun hiburan yang banyak dibicarakan oleh warganet Indonesia tahun ini. Beberapa drama Korea yang banyak dibicarakan di Twitter misalnya: #itsokaytonotbeokay, #hospitalplaylist, #theworldofthemarried, dan #crashlandingonyou. Di tengah pandemi, banyak orang juga mencari indoor entertainment untuk mengisi waktu selama di rumah; salah satunya adalah melalui gaming. Dan #animalcrossing menjadi salah satu game yang banyak dibicarakan di Twitter tahun ini.

Tweet ini tidak tersedia
Tweet ini tidak tersedia.

#KpopTwitter 2020 di Indonesia
Selama satu dekade terakhir, Twitter dan K-Pop telah berkembang dan bersinergi menjadi #KPopTwitter; menjadikannya salah satu topik yang paling banyak dibicarakan di Twitter tahun ini. Indonesia sendiri masuk dalam lima negara teratas dengan jumlah audiens unik dan volume Tweet terbanyak yang membicarakan tentang K-Pop di Twitter. Bahkan di masa pandemi COVID-19 ini –ketika konser K-Pop, tur global, dan acara jumpa fans dibatalkan– tidak terlihat adanya penurunan percakapan tentang K-Pop di Twitter. Para fans atau pendukung K-Pop ingin tetap terhubung satu sama lain dan berbagi keseruan di Twitter.

Tweet ini tidak tersedia
Tweet ini tidak tersedia.

Akun dan tagar olahraga yang #RameDiTwitter
Pandemi membuat banyak acara olahraga dibatalkan tahun ini; seperti Indonesia Open 2020, liga sepakbola dalam dan luar negeri, hingga Olimpiade Tokyo 2020. Namun hal ini tidak menyurutkan antusiasme fans olahraga di Twitter. Hal itu terlihat dari volume percakapan tentang olahraga di Twitter yang mencapai dua miliar Tweet secara global tahun ini.

Para fans di Indonesia tetap setia mendukung klub-klub ⚽ favorit mereka seperti Manchester United (@manutd) dan Liverpool (@LFC), yang sedang bertanding di Liga Inggris. Bagi pecinta bulutangkis, akun Badminton Talk (@badmintontalk) selalu hadir membahas tentang perkembangan terbaru 🏸. Sementara itu, masyarakat Indonesia juga menggunakan tagar #motogp, #f1, #persibday, dan #persijajakarta untuk membahas berbagai informasi terbaru mengenai masing-masing cabang olahraga dan klub favorit mereka. Tahun ini kita juga dikejutkan dengan kepergian salah satu pebasket legendaris NBA, Kobe Bryant (@kobebryant) dan orang-orang saling membagikan ucapan duka dengan tagar #blackmamba,, sambil berbagi momen-momen spesial yang membuat mereka terinspirasi oleh sang legenda.

Tweet ini tidak tersedia
Tweet ini tidak tersedia.

Figur politik yang #RameDiTwitter
Diskusi tentang RUU, kebijakan dalam atau luar negeri, hingga informasi terkini tentang peraturan seputar Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB); semuanya terjadi di Twitter dan bisa dilihat dari berbagai sisi. Berikut ini adalah figur politik yang ramai dibicarakan warganet Indonesia tahun ini. Presiden Joko Widodo juga menjadi salah satu pemimpin negara yang paling banyak dibicarakan di kawasan Asia Pasifik.

Tweet ini tidak tersedia
Tweet ini tidak tersedia.

Emoji terpopuler tahun ini
Kehadiran emoji dapat membantu kita mengekspresikan diri di Twitter. Tahun 2020 menjadi tahun yang membuat perasaan orang naik-turun, dan hal ini tercermin dari 10 emoji yang paling banyak digunakan di Twitter.

Tweet ini tidak tersedia
Tweet ini tidak tersedia.

Gunakan tagar #RameDiTwitter atau #RameDiTwitter2020 untuk mencari dan berbagi cerita tentang apa yang menurutmu ramai dibicarakan di Twitter di Indonesia tahun ini.

Tweet ini tidak tersedia
Tweet ini tidak tersedia.
Tweet ini tidak tersedia.