Wawasan

#BeyondKpop: dari musik dan serial drama, hingga webtoon dan film

Oleh
Jumat, 22 Oktober 2021

K-pop terus mendominasi percakapan global di Twitter dan informasi terbaru ini menunjukkan dampak Twitter terhadap penyebaran berbagai K-content di ranah global seperti drama populer, webtoon, film, serta K-Pop. Hasil agregasi data ini berdasarkan analisa yang kami lakukan dengan VAIV Company terhadap Tweet global berbahasa Inggris pada periode Juli 2018 - Juni 2021. 

Serial K-drama terkait K-pop yang paling banyak dibicarakan

Bagi banyak penggemar K-pop, K-drama adalah hal yang mereka coba setelah menyukai K-pop. Hal ini terlihat dari serial K-drama yang paling populer di Twitter. 

Empat K-drama yang paling banyak dibicarakan di Twitter (global) adalah: Kingdom di urutan pertama, Itaewon Class (yang diangkat dari  webtoon) di urutan ke-dua, True Beauty di urutan ke-tiga, dan Vincenzo di urutan ke-empat. True Beauty dan Vincenzo menampilkan bintang K-pop, seperti Cha Eun-woo (anggota grup ASTRO) yang berperan di True Beauty dan Ok Taec-yeon (anggota 2PM) yang berperan di serial Vincenzo.

Analisa kami dari kumpulan Tweet yang membicarakan Itaewon Class menunjukkan, bahwa banyak Tweet tentang drama tersebut juga turut menyebutkan original soundtrack-nya, yaitu “Sweet Night” yang dibawakan oleh V, anggota grup K-pop BTS. Word cloud hasil analisa data juga menunjukkan korelasi antara Itaewon Class dengan 11 drama lain pada paruh pertama 2021. Hal ini menunjukkan, bahwa ketertarikan warganet pada Itaewon Class membuat penggemar juga menyaksikan K-drama lainnya - menjadikan drama ini sebagai drama Korea yang berpengaruh besar bagi K-content dan mampu menarik penggemar baru.

Tweet ini tidak tersedia
Tweet ini tidak tersedia.

Webtoon yang paling banyak dibicarakan tunjukkan peningkatan minat yang berhubungan dengan K-drama 

Meningkatnya kepopuleran K-pop dan K-drama berdampak juga pada peningkatan ketertarikan terhadap webtoon original, terutama untuk webtoon yang diadaptasi menjadi K-drama. Banyak webtoon yang paling banyak dibicarakan di Twitter telah diadaptasi menjadi K-drama. True Beauty, misalnya, menempati peringkat ke-tiga sebagai K-drama yang paling banyak dibicarakan di Twitter dan menempati urutan pertama untuk K-webtoon yang paling sering dibicarakan. Sweet Home, yang diadaptasi menjadi serial Netflix original, menempati urutan ke-dua untuk K-webtoon yang paling sering dibicarakan. Itaewon Class, yang menempati urutan ke-empat, kemudian diadaptasi menjadi K-drama. Sementara Navillera; di urutan ke-enam tidak hanya diadaptasi menjadi K-drama, tapi juga direkomendasikan oleh V, anggota BTS, di fan cafe.

Tweet ini tidak tersedia
Tweet ini tidak tersedia.

Film yang paling sering dibicarakan menunjukkan besarnya pengaruh sutradara terkemuka di Korea 

Hanya tiga sutradara yang menyumbang 9 dari 20 K-movie teratas yang paling banyak dibicarakan di Twitter. Parasite, disutradarai oleh Bong Joon-ho, merupakan K-movie yang paling banyak dibicarakan di Twitter. Film Bong yang lain seperti Snowpiercer, Okja, Mother, dan The Host; semua berada pada peringkat 20 film teratas. Sutradara Park Chan-wook dan Yeon Sang-ho juga menyumbang masing-masing dua K-movie teratas yaitu Oldboy dan Thirst, serta Peninsula dan Train to Busan. 

Analisa kami terhadap Tweet terkait Bong Joon-ho menunjukkan beberapa kata kunci mengenai Parasite (yang memenangkan empat Piala Oscar 2020), Mother, dan Snowpiercer, serta karya-karya dari sutradara terkemuka lainnya yaitu Park Chan-wook dan Lee Chang-dong. Analisa kami menunjukkan pembicaraan mengenai Bong Joon-ho turut meningkatkan minat terhadap K-movies secara luas.

Tweet ini tidak tersedia
Tweet ini tidak tersedia.

K-content akan terus berkembang 

Kami telah membuktikan, bahwa K-pop beserta jajaran fandom lainnya - berkembang pesat karena karakteristik Twitter yang live, public, dan conversational. Orang-orang terhibur oleh K-content menggunakan berbagai media, tetapi percakapan tetap terjadi di Twitter.

K-content memiliki potensi tak terbatas karena budaya fandom dimulai dari K-pop yang menjadi daya tarik besar, yang telah menyebabkan penyebaran budaya Korea. Kami berkomitmen untuk mendukung globalisasi K-content dan fandom.

Tweet ini tidak tersedia
Tweet ini tidak tersedia.