Wawasan

#HanyaDiTwitter 2021: momen yang menghubungkan masyarakat Indonesia

Oleh
Rabu, 8 Desember 2021

Tahun 2021 berlalu sangat cepat dan diwarnai dengan berbagai peristiwa yang membuat orang-orang datang ke Twitter untuk berbagi informasi terkini dan tetap saling terhubung satu sama lain. Beragam percakapan yang meramaikan linimasa Twitter meliputi perayaan kemenangan dari jajaran atlet kebanggaan Indonesia dalam ajang olahraga terbesar di dunia, berbagi referensi bermanfaat untuk perkembangan diri, hingga dukungan dan doa bagi yang terkena musibah. Semua ini terjadi #HanyaDiTwitter.

Khususnya di Indonesia, selain untuk merayakan berbagai momen penting; Twitter juga digunakan untuk saling berbagi kenangan, saling membantu sesama yang membutuhkan, dan menjadi tempat untuk berdiskusi atau belajar hal baru. Berikut ini adalah berbagai momen dan percakapan #HanyaDiTwitter yang membuat warganet saling terhubung selama tahun ini.

Catatan:
- Semua data berdasarkan analisa percakapan di Indonesia, 1 Januari - 15 November 2021, yang menyebutkan akun atau tagar yang tertera pada data yang ditampilkan.
- Kami hanya memasukkan satu Tweet per akun dan tidak memperhitungkan Tweet yang menawarkan hadiah sebagai imbalan mendapatkan pengikut atau Retweet.

Tweet yang menyatukan masyarakat Indonesia di Twitter
Di paruh kedua tahun 2021, perhatian masyarakat dunia tertuju pada perhelatan olahraga internasional #Tokyo2020 dan #Paralympics. Masyarakat Indonesia datang ke Twitter untuk menunjukkan rasa nasionalisme dan memberikan dukungan terhadap jajaran atlet dari negara masing-masing. Percakapan tentang Olimpiade semakin bergaung di Indonesia saat Greysia Polii (@GreysPolii) dan Apriyani Rahayu berhasil mencetak sejarah menjadi tim ganda putri Indonesia pertama yang meraih medali emas. Tweet ini pun menjadi Tweet dengan engagement tertinggi di Indonesia.

Tweet ini tidak tersedia
Tweet ini tidak tersedia.
Tweet ini tidak tersedia.

Sifat saling membantu adalah salah satu keunikan masyarakat Indonesia dan ini terlihat dari percakapan di Twitter yang menghangatkan linimasa. #HanyaDiTwitter bantuan bisa bergulir begitu cepat, hingga akhirnya bisa langsung diterima oleh mereka yang membutuhkan, seperti yang dialami oleh Aurelia Nathania (@010201_n) yang akhirnya dapat bertemu adiknya setelah mencarinya selama lima tahun. Selain itu, orang-orang juga saling berbagi informasi di Twitter, seperti yang dilakukan oleh Faiz Ghifari (@mfaizghifari), yang membagikan referensi cara yang lebih efektif dalam beraktivitas.

Tweet ini tidak tersedia
Tweet ini tidak tersedia.
Tweet ini tidak tersedia.
Tweet ini tidak tersedia.

Tweet populer lainnya yang ramai dibicarakan oleh warganet Indonesia tahun ini.

Tweet ini tidak tersedia
Tweet ini tidak tersedia.

Keragaman topik yang menyatukan masyarakat di Twitter: dari hiburan, gaming, hingga aset digital
Tahun ini, Twitter tetap menjadi tempat bagi masyarakat untuk saling membicarakan berbagai minat dan topik pembicaraan yang juga menghubungkan mereka dengan berbagai komunitas. Topik-topik yang ramai dibicarakan di Twitter tahun ini termasuk hiburan dengan tagar #attackontitan dan cabang olahraga populer seperti #badminton. Masyarakat Indonesia juga ramai membicarakan berbagai hal terkait teknologi dan keuangan, termasuk tentang aset digital dan investasi melalui tagar #crypto dan #nft. Hal ini menunjukan, bahwa masyarakat Indonesia mulai tertarik terhadap hal-hal seputar keuangan dan bisnis.

Tweet ini tidak tersedia
Tweet ini tidak tersedia.

Jajaran akun terpopuler di Twitter
Mulai dari tenaga kesehatan, akun yang menghibur hingga yang berbagi pengetahuan umum, masyarakat datang ke Twitter untuk berinteraksi dan mengikuti percakapan dari akun-akun tersebut. Bukti nyata keberagaman percakapan di Twitter adalah dengan munculnya akun-akun baru seperti Rizal Do (@afrkml), Angga Fauzan (@angga_fzn), dan Badminton Talk (@BadmintonTalk) yang masuk ke dalam jajaran 10 akun yang banyak dibicarakan di Indonesia tahun ini.

Tweet ini tidak tersedia
Tweet ini tidak tersedia.

Emoji untuk ekspresi diri
Teks kerap kali tidak bisa mengungkapkan ekspresi yang kita rasakan ketika membuat tulisan di Twitter. Agar konteks suatu Tweet bisa lebih dipahami, penggunaan emoji pun marak dilakukan. Emoji 😂, piala 🏆, bumi 🌏, dan salad 🥗 merupakan beberapa emoji yang banyak digunakan warganet Twitter di Indonesia. Emoji piala 🏆, medali 🥇, dan bulutangkis 🏸 pun tidak luput mewarnai Tweet seputar dukungan untuk para atlet Indonesia yang berlaga di #Tokyo2020 dan #Paralympics.

Tweet ini tidak tersedia
Tweet ini tidak tersedia.

“Demam” Aset Digital di Twitter
Siapa sangka sepanjang tahun 2021 antusias orang-orang di Twitter ramai terkait 💰memuncak di Twitter. Mulai dari cara tips memulai investasi dengan gaji UMR, definisi #crypto dan #nft, hingga pembahasan aset digital untuk membantu mereka mengelola keuangan. Kehebohan percakapan tentang aset digital secara spesifik turut didukung dengan kehadiran akun-akun berbasis komunitas seperti Sarjana Crypto (@sarjana_crypto) dan Crypto 707 (@kaptencrypto707). Akun-akun ini aktif berbagi informasi seputar kripto, hingga investasi yang bisa menjadi pertimbangan para pengguna Twitter.

Tweet ini tidak tersedia
Tweet ini tidak tersedia.

Berbagi informasi kredibel tentang kesehatan di Twitter
Di tengah pandemi yang masih berlangsung di Indonesia, dokter dan tenaga kesehatan menggunakan menggunakan Twitter sebagai tempat untuk berbagi informasi terpercaya. Akun-akun seperti dr. Andi Khomeini Takdi (@dr_koko28) dan Rizal Do (@afrkml) banyak berbagi konten percakapan bermanfaat seputar gaya hidup sehat. Hal unik lainnya adalah hadirnya tenaga kesehatan asal Amerika Serikat bernama Faheem Younus, MD (@FaheemYounus), ia cukup menarik perhatian warganet Indonesia dengan Tweet-Tweet berbahasa Indonesia seputar COVID-19.

Tweet ini tidak tersedia
Tweet ini tidak tersedia.

Twitter sebagai hub berbagai konten hiburan bagi masyarakat Indonesia
Orang-orang datang ke Twitter untuk berdiskusi tentang artis/film favorit mereka dengan penggemar lainnya. @watchmenid adalah salah satu akun berbasis komunitas yang dijadikan referensi untuk mencari inspirasi hiburan. Ernest Prakasa (@ErnestPrakasa) sebagai salah satu pemain industri juga menjadi sorotan di tahun 2021 ketika membahas tentang dunia perfilman Indonesia, Ernest memiliki insight yang sangat bernilai bagi orang-orang di Twitter. Antusiasme pun terlihat dari pengikut sinetron #ikatancinta yang tiap episodenya dinantikan dan didiskusikan banyak orang di Twitter.

Selain film, Twitter juga diramaikan dengan Tweet dari salah satu juri MasterChef Indonesia Arnold Poernomo (@ArnoldPoernomo) yang tidak pernah gagal menghibur dengan cara berinteraksinya yang unik. Para pecinta musik di Twitter juga sangat antusias merayakan kehadiran album yang direkam ulang oleh  Taylor Swift (@TaylorSwift13), yaitu: Fearless (Taylor’s Version) dan yang terbaru Red (Taylor’s Version). Latar belakang Taylor menciptakan lagu tertentu pun ramai dibicarakan di Twitter.

Bagi para gamers di Twitter, pembaruan #genshinimpact dan karakter-karakter juga lengkap dibahas di Twitter ditambah dengan kehebohan serial animasi Jepang, #attackontitan yang semakin intens dari minggu demi minggu.

Tweet ini tidak tersedia
Tweet ini tidak tersedia.

Twitter satukan para penggemar olahraga
Pada bulan Juli-Agustus 2021 lalu, linimasa Twitter dibanjiri dengan kemeriahan pencapaian para atlet Indonesia. Orang-orang datang ke Twitter untuk mengikuti perkembangan terbaru dari salah satu pesta olahraga paling bergengsi di dunia, #Tokyo2020. @BadmintonTalk menjadi salah satu akun yang paling aktif memberikan berita terkini tentang apa yang terjadi di ajang tersebut. Momen kemenangan Greysia Polii dan Apriyani Rahayu menjadi sorotan utama warga Twitter dengan #greyapfinaltokyo2020 sebagai tagar yang paling banyak digunakan.

Selain kemeriahan Olimpiade 2020, warganet di Twitter juga ramai mengikuti perkembangan #Euro2020, di mana para pecinta sepak bola turut mendukung tim negara favorit mereka.

Tweet ini tidak tersedia
Tweet ini tidak tersedia.

Fenomena K-Culture kian ramaikan Twitter
Pembahasan tentang budaya Korea terus berkembang di Twitter. Tahun ini, linimasa Twitter dihebohkan dengan serial Netflix berjudul #SquidGame 🦑🎮. Sarat dengan pesan moral yang relevan dengan kehidupan nyata, cerita tentang cara bertahan hidup di film ini mewarnai keseruan percakapan di Twitter. Selain itu, kegesitan Hong Bangjang dalam #HometownChaChaCha memukau para penggemarnya, menjadikan drama asal Korea Selatan tersebut sebagai salah satu yang paling banyak dibicarakan di Twitter di Indonesia. Komunitas pecinta film atau serial 'drakor' pun bisa mendapatkan referensi yang berharga dari informasi yang diberikan oleh akun @infodrakor_id.

Percakapan seputar budaya Korea Selatan belum lengkap tanpa Tweet fanchant dari para penggemar K-Pop untuk menyemangati artis favorit mereka. Mulai dari para penggemar @blackpink yang meramaikan linimasa, para ARMY yang menghebohkan Twitter saat @bts_twt merilis lagu terbaru mereka yang berjudul #butter, hingga sorakan ENGENE saat @ENHYPEN_members kembali dengan album terbaru mereka, Dimension:Dilemma.

Tweet ini tidak tersedia
Tweet ini tidak tersedia.

Bagikan percakapanmu dengan tagar #HanyaDiTwitter dan mention @TwitterID, yang akan mengumumkan momen dan percakapan apa saja yang banyak dibicarakan di Twitter selama tahun 2021. 

Tweet ini tidak tersedia
Tweet ini tidak tersedia.
Tweet ini tidak tersedia.