Wawasan

K-pop kembali cetak rekor dengan 7,5 milyar Tweet

Oleh
Jumat, 30 Juli 2021

K-Pop terus mendominasi percakapan global di Twitter, bahkan di saat seperti sekarang ini. Para fans datang ke Twitter untuk selalu terhubung dengan artis favorit mereka dan komunitas #KpopTwitter dunia. Terdapat 7,5 miliar Tweet tentang K-Pop (1 Juli 2020 - 30 Juni 2021) dan ini adalah rekor percakapan tertinggi tentang K-Pop selama setahun terakhir. Indonesia menempati urutan pertama sebagai negara dengan volume Tweet dan jumlah unique authors terbanyak yang membicarakan tentang K-Pop di Twitter.

Tweet ini tidak tersedia
Tweet ini tidak tersedia.

Percakapan tentang K-Pop: negara dengan volume Tweet terbanyak
Percakapan global tentang #KpopTwitter yang kian beragam terus meningkat seiring dengan semakin terhubungnya para fans K-Pop. Indonesia, Filipina, Thailand, Korea Selatan, dan Amerika Serikat adalah 5 negara dengan volume Tweet tertinggi di dunia tentang K-Pop.

Tweet ini tidak tersedia
Tweet ini tidak tersedia.

Popularitas K-Pop yang terus berkembang
Dari Asia Pasifik hingga Amerika Selatan, fanbase global K-Pop terus berkembang di Twitter. Pada laporan kali ini, Peru dan Kolombia masuk dalam jajaran 20 negara dengan jumlah fans K-pop terbanyak di Twitter dengan Indonesia menempati urutan pertama.

Tweet ini tidak tersedia
Tweet ini tidak tersedia.

Artis K-Pop terpopuler di Twitter
Untuk pertama kalinya, kami mengumumkan 20 artis K-Pop yang paling banyak dibicarakan, suatu pencapaian yang pantas dirayakan oleh para fans mereka di Twitter.

  1. BTS (@BTS_twt)
  2. NCT (@NCTsmtown)
  3. BLACKPINK (@BLACKPINK)
  4. EXO (@weareoneEXO)
  5. TREASURE (@treasuremembers)
  6. TOMORROW X TOGETHER (@TXT_members)
  7. ENHYPEN (@ENHYPEN)
  8. GOT7 (@GOT7Official)
  9. TWICE (@JYPETWICE)
  10. SEVENTEEN (@pledis_17)
  11. ATEEZ (@ATEEZofficial)
  12. Stray Kids (@Stray_Kids)
  13. THE BOYZ (@WE_THE_BOYZ)
  14. Red Velvet (@RV_smtown)
  15. MONSTA X (@OfficialMonstaX)
  16. iKON (@YG_iKONIC)
  17. IZ*ONE (@official_izone)
  18. DAY6 (@day6official)
  19. ASTRO (@offclASTRO)
  20. SHINee (@SHINee)

TREASURE (@treasuremembers) yang baru saja memulai debut mereka di bulan Agustus 2020, menempati posisi ke-5 sebagai artis K-Pop yang paling banyak dibicarakan. Sejak bulan Agustus 2020, TREASURE telah melakukan empat sesi tanya-jawab secara live di #TwitterBlueroom selama enam bulan. Mereka juga aktif berinteraksi dengan para fans mereka di Twitter. Sementara itu, ENHYPEN (@ENHYPEN) yang juga baru saja memulai debut mereka di bulan November 2020, berhasil menjadi artis K-Pop ke-7 yang paling banyak dibicarakan di Twitter.

Tweet ini tidak tersedia
Tweet ini tidak tersedia.

Berikut ini adalah Tweet dengan jumlah Retweet terbanyak dari 5 artis K-Pop yang paling banyak dibicarakan (1 Juli 2020 - 30 Juni 2021)

Tweet ini tidak tersedia
Tweet ini tidak tersedia.
Tweet ini tidak tersedia.
Tweet ini tidak tersedia.
Tweet ini tidak tersedia.
Tweet ini tidak tersedia.
Tweet ini tidak tersedia.

#TwitterBlueroom terus menghubungkan fans di seluruh dunia dengan artis K-Pop favorit mereka dengan menghadirkan wawancara eksklusif dan sesi tanya-jawab agar lebih mendekatkan fans dengan idola mereka. Dari 2PM (@follow_2PM), artis K-Pop generasi kedua yang kembali mencuat setelah lima tahun; hingga artis K-pop generasi ketiga seperti DAY6 (@day6official) dan iKON (@YG_iKONIC), artis dan jajaran idola K-culture ternama lainnya datang ke #TwitterBlueroom untuk terhubung secara langsung dengan fans mereka. ITZY (@ITZYofficial), salah satu girlband K-pop paling hits saat ini baru saja mengadakan sesi tanya-jawab secara live dihadiri oleh lebih dari satu juta penonton, dan JUSTB (@JUSTB_Official) yang baru saja memulai debut mereka bulan lalu, juga tampil secara live di #TwitterBlueroom, menyatukan fans dari seluruh dunia secara virtual.

Tweet ini tidak tersedia
Tweet ini tidak tersedia.
Tweet ini tidak tersedia.
Tweet ini tidak tersedia.

Baik artis internasional ataupun bintang baru, fans akan terus melakukan percakapan tentang K-pop dan berinteraksi bersama artis favorit mereka dengan #KpopTwitter. Ini sudah menjadi budaya dan kita semua telah menyaksikan betapa besar fenomena K-Pop di seluruh dunia, tapi tren ini bukanlah hal baru di Twitter, karena kami telah mengalami langsung pertumbuhan percakapan dari awal hingga kini. Kami akan terus berkolaborasi dengan artis dan perusahaan label mereka untuk terus memberikan konten terbaik bagi komunitas K-Pop

K-Pop kian berkembang terutama di tahun 2021 - selalu ada hal-hal baru tentang #KpopTwitter: dari #TwitterSpaces hingga #TwitterBlueroom dan masih banyak lagi! Jika tidak sempat mengikuti suatu acara, para fans bisa langsung mengetahui informasi terkini dari blog Twitter. Berikut ini adalah beberapa momen seru di K-Pop tahun ini: 

Ikuti percakapan #KpopTwitter bersama fans K-Pop lainnya dan artis favoritmu!

Tweet ini tidak tersedia
Tweet ini tidak tersedia.