Wawasan

Masyarakat Indonesia hasilkan 41,4 juta Tweet seputar olahraga di 2021

Oleh
Kamis, 20 Januari 2022

Twitter adalah apa yang sedang terjadi dan percakapan di Twitter terus meningkat seiring dengan beberapa momen olahraga yang terjadi di 2021. Terdapat 3,7 miliar Tweet seputar olahraga di dunia sepanjang 2021, melampaui 2.7 miliar Tweet yang tercatat di tahun 2020. Di kawasan Asia Tenggara, percakapan tentang olahraga pada tahun 2021 meningkat sebanyak 40% atau lebih dari 95 juta Tweet. Di Indonesia sendiri, terdapat 41,4 juta Tweet tentang olahraga di 2021, meningkat sebesar 64% dibandingkan tahun 2020. Hal ini tidak mengejutkan karena berbagai ajang olahraga besar yang sangat dinantikan sepanjang tahun – seperti #EURO2020, #Tokyo2020 dan #Paralympics2020 – kembali menyatukan para penggemar olahraga. Baik menonton secara langsung di stadion maupun di layar TV, Twitter diramaikan dengan live Tweet pertandingan, perayaan kemenangan, serta dukungan untuk jagoan dari tim andalan mereka.

Tweet ini tidak tersedia
Tweet ini tidak tersedia.

Penggemar sepak bola di Indonesia berbagi keseruan di Twitter untuk mendiskusikan detail pertandingan dan penampilan pemain favorit mereka – menghasilkan 21,7 juta Tweet pada tahun 2021, meningkat 40% dari tahun sebelumnya. Penggemar Formula 1 pun ramai menge-Tweet sejak dimulainya balapan musim 2021, dengan volume Tweet melebihi jumlah total di 2020. Keseruan dari persaingan yang terjadi dan balapan yang selalu mendebarkan berkontribusi untuk kenaikan percakapan tentang Formula 1 (F1) sebesar 196% dari tahun ke tahun di 2021.

Topik olahraga yang paling banyak dibicarakan di Indonesia seperti sepak bola, badminton, Olimpiade Tokyo 2020, Liga Premier, dan Manchester United terus diramaikan oleh para penggemar. Dari diskusi seru seputar sepak bola, hingga kemenangan atlet Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020, inilah apa yang dibicarakan oleh penggemar olahraga Indonesia di Twitter selama 2021.

Tweet ini tidak tersedia
Tweet ini tidak tersedia.

Olahraga selalu menjadi salah satu percakapan paling seru di Twitter. Saat banyak ajang olahraga yang ditunda dan dibatalkan tahun lalu, semangat penggemar olahraga di Twitter tidak pernah redup, dilihat dari tidak berhentinya dukungan, perayaan dan memberikan semangat saat tim favorit mereka menang di mana pun mereka berada. Dengan diadakannya kembali ajang olahraga tahun ini, antisipasi penggemar olahraga yang terus terbangun sejak tahun lalu turut meramaikan percakapan olahraga secara global, dan Twitter menjadi tempat saling terhubungnya orang dan komunitas dengan minat yang sama untuk menjadi yang terdepan dalam berpartisipasi penuh semangat.

Tweet ini tidak tersedia
Tweet ini tidak tersedia.

Berdasarkan percakapan para penggemar olahraga di Indonesia, kami menemukan acara-acara yang ramai dibicarakan di Twitter. Mulai dari perpindahan para pemain andalan, atlet kebanggaan Indonesia di Olimpiade, hingga perayaan momen olahraga bersejarah yang ditunggu-tunggu.

1. Demam bola di Twitter terus berlanjut

Banyak laga dan liga yang ditunggu-tunggu para penggemar bola Indonesia di tahun 2021, dari #EURO2020 yang sempat tertunda, #UCL, #UEL, hingga #AFFSuzukiCup2020 di penghujung tahun 2021. Di pertandingan Euro 2020, perasaan seakan campur aduk ketika mengetahui tim Inggris untuk pertama kalinya memasuki babak final. Namun, bagi para pendukung tim Inggris (@england) yang berharap mereka memenangkan pertandingan setelah 55 tahun menunggu, harus berlapang dada karena para akhirnya Italia yang berhasil memboyong pulang piala.

Bagi fans klub Manchester United (@manutd), pulangnya Cristiano Ronaldo (@cristiano) ke klub masa muda-nya 12 tahun lalu menjadi momen menggembirakan bagi para fans Red Devils. Dengan semua keseruan yang terjadi, tidak heran kalau #mufc menjadi salah satu tagar yang paling banyak dibicarakan di Indonesia. Percakapan seputar sepak bola sendiri menghasilkan 21,7 juta Tweet di Indonesia.

Tweet ini tidak tersedia
Tweet ini tidak tersedia.
Tweet ini tidak tersedia.

Untuk berita terbaru seputar bola; akun-akun seperti B/R Football (@brfootball) selalu menjadi rujukan para penggemar sepakbola untuk mendapatkan serta berbagi informasi terkini dan menyuarakan pendapat mereka tentang isu sepakbola.

2. Mengejar medali di Tokyo 

Walaupun dihadapkan dengan berbagai tantangan sampai penundaan acara, Olimpiade musim panas (@Olympics) akhirnya dapat dilangsungkan di bulan Juli tahun lalu dan mendapat perhatian besar dari  masyarakat Indonesia. Di ajang olahraga ini, pasangan ganda putri Apriyani Rahayu dan Greysia Polii (@greyspolii) menorehkan sejarah sebagai ganda putri Indonesia pertama yang  meraih medali emas di Olimpiade. Akun resmi PBSI (@inabadminton) dan Badminton Indonesia (@bulutangkisRI) menjadi salah satu yang paling banyak dibicarakan selama perhelatan Olimpiade #Tokyo2020

Tweet ini tidak tersedia
Tweet ini tidak tersedia.
Tweet ini tidak tersedia.

Masyarakat Indonesia juga menyuarakan dukungan kepada para atlet Indonesia yang bertanding di Olimpiade dengan menggunakan tagar #ina, #badmintalktokyo2020, dan #greyapfinaltokyo2020. Akun seperti Badminton Talk (@BadmintonTalk) pun senantiasa berbagi informasi mengenai perolehan medali ataupun skor terbaru yang diraih kontingen Indonesia.

Tweet ini tidak tersedia
Tweet ini tidak tersedia.
Tweet ini tidak tersedia.

3. Adrenalin dari trek balap

Dari ajang balap F1, penggemar otomotif di Indonesia tahun ini disuguhkan dengan pertandingan seru pada #italiangp dan #AbuDhabiGP. Pada GP Italia di Sirkuit Monza, rivalitas Max Verstappen (@max33verstappen) dan Lewis Hamilton (@lewishamilton) semakin panas dengan terjadinya tabrakan pada putaran ke-26 balapan, dan mengharuskan kedua pembalap untuk keluar dari ajang balapan GP Italia.  

Sementara itu, rivalitas dua tim (konstruktor) F1 besar, antara Mercedes AMG dan Red Bull Racing, terus berlangsung hingga akhir musim 2021 di Abu Dhabi. Max Verstappen (@max33verstappen) keluar sebagai Juara Dunia F1 tahun 2021 setelah mengalahkan Lewis Hamilton (@lewishamilton) di laga penentu pada #AbuDhabiGP yang penuh pergolakan, dengan adanya dugaan pelanggaran penegakan peraturan balap. Kemenangan ini terasa spesial karena F1 Red Bull Racing mengakhiri puasa gelar mereka sejak 2013 dan mematahkan dominasi Lewis Hamilton sebagai Juara Dunia.

Tweet ini tidak tersedia
Tweet ini tidak tersedia.
Tweet ini tidak tersedia.
Tweet ini tidak tersedia.

Tempat para penggemar olahraga berkumpul

Dengan maraknya ajang olahraga yang berlangsung di seluruh dunia, Twitter menghubungkan para penggemar olahraga di manapun mereka berada. Berbagai fitur yang tersedia di Twitter memungkinkan penggemar merasakan momen olahraga dengan lebih seru lagi. Misalnya, Topik Twitter membantu penggemar untuk menemukan percakapan yang penting bagi mereka - baik itu tentang tim sepak bola, atlet bulu tangkis, ataupun atlet Olimpiade.

Tweet ini tidak tersedia
Tweet ini tidak tersedia.

Daftar Twitter yang terkurasi juga merupakan fitur yang berguna bagi penggemar untuk memastikan, bahwa mereka tidak melewatkan Tweet dari akun favorit mereka.

Tweet ini tidak tersedia
Tweet ini tidak tersedia.

Komunitas olahraga di Twitter sangat beragam dan selalu ada sesuatu bagi semua orang untuk dinikmati dan dibagikan. Jadi; selagi stadion, lapangan, dan arena dengan perlahan menyambut kemeriahan ajang olahraga; di Twitter, dukungan dari penggemar tidak pernah berhenti.

Tweet ini tidak tersedia
Tweet ini tidak tersedia.