#PollStory: Buku Pertama di Dunia yang Ditulis dengan Bantuan Twitter Poll

Oleh
Rabu, 6 Januari 2016

Untuk pertama kalinya di dunia, penulis buku menggunakan fitur Twitter Poll untuk mengajak pengguna Twitter menentukan alur cerita yang dibuatnya. Bekerja sama dengan Twitter, pada tanggal 31 Desember 2015 penulis ternama asal Indonesia Ika Natassa (@ikanatassa) meluncurkan proyek #PollStory melalui karyanya yang berjudul The Architecture of Love.

Kisah The Architecture of Love akan terdiri dari 14 episode. Setiap episode akan dirilis melalui akun Twitter @ikanatassa tiap hari Selasa dan Kamis, jam 21.00 WIB. Episode pertama sudah diluncurkan tanggal 31 Desember 2015 dan episode final akan dirilis pada tanggal 14 Februari 2016. Di akhir setiap episode, Ika meminta pembacanya untuk memilih alur cerita episode berikutnya melalui Twitter Poll.

Dengan setting cerita terjadi di kota New York; The Architecture of Love bercerita mengenai Raia, seorang penulis yang menggunakan sudut-sudut kota tersebut sebagai sumber inspirasi tulisannya. Setelah hampir dua bulan dilewati tanpa ada ide segar mengalir, Raia berjumpa dengan seseorang yang membantunya melihat New York dengan cara berbeda.

Ika Natassa adalah seorang penulis ternama yang sudah dikenal melalui beberapa karyanya; seperti Antologi Rasa, The Critical Eleven dan Twivortiare. Sebelum mengerjakan kolaborasi #PollStory, Ika pernah berkesperimen dengan Twitter melalui karyanya, Twivortiare, yang terjual lebih dari 100 ribu eksemplar di tahun 2011. Dalam Twivortiare, Ika “menghidupkan” tokoh utama cerita tersebut melalui akun Twitter dan bercerita melalui sudut pandang orang pertama.

Berikut ini adalah beberapa respon pengguna Twitter yang mengikuti episode 1 #PollStory.




Episode 1 #PollStory yang sudah tayang bisa dibaca melalui tautan di bawah. Anda bisa mengikuti episode-episode selanjutnya setiap hari Selasa dan Kamis, jam 21.00 WIB. Jangan lupa berpartisipasi dalam memilih untuk menentukan jalan cerita selanjutnya melalui Twitter Poll.